4 Pilihan Jenis Cokelat Hias Untuk Kue dan Tips Dekorasinya

4 Pilihan Jenis Cokelat Hias Untuk Kue dan Tips Dekorasinya

Cokelat adalah salah satu pilihan bahan yang paling dicari saat mendekorasi sebuah kue. Tidak hanya lezat, tetapi cokelat hias juga dapat membuat hidangan kue Anda terlihat lebih menarik. Belum lagi, ada banyak jenis cokelat hias untuk kue yang tidak kalah menarik untuk dicoba pada hidangan kue Anda.

Cokelat telah menjadi salah satu pilihan bahan yang paling dicari saat mendekorasi sebuah kue. Bahan ini tidak hanya memberikan kelezatan, tetapi membuat hidangan kue Anda terlihat lebih mengilap pula. Belum lagi, ada banyak jenis cokelat hias untuk kue yang tidak kalah menarik untuk dicoba pada hidangan kue Anda.

Chef mana yang tidak ingin menyajikan kue tanpa ada hiasan di hidangannya? Tentunya tidak ada, bukan? Anda pun pasti ingin menghidangkan kue dengan visual yang menarik demi memikat perhatian pelanggan. Untuk itu, mari simak artikel ini sampai selesai supaya Anda bisa mendapatkan inspirasi dekorasi cokelat untuk kue.

Jenis-jenis Cokelat Hias untuk Kue

Popularitas cokelat sebagai salah satu bahan penghias untuk kue sudah tidak diragukan lagi. Selain karena rasanya yang nikmat, pelanggan bisa melihat keindahan sebuah hidangan dari dekorasi cokelatnya. Menariknya, cokelat hias untuk kue tersedia dalam berbagai jenis dan rupa. 

Anda perlu mengetahui rupa-rupa cokelat hias serta cara mengaplikasikannya pada hidangan kue dengan tepat. Apa saja?

1. Ganache

cokelat ganache

Ganache merupakan campuran antara bahan cokelat dan krim atau bahan cair lainnya, seperti susu dan bahkan jus. Tekstur ganache bisa bervariasi dan tergantung pada rasio krim dalam cokelatnya. Makin besar porsi krim daripada cokelatnya, maka ganache akan memiliki tekstur yang semakin lembut di suhu ruangan. Sebaliknya, semakin banyak cokelat yang digunakan untuk memasak ganache, maka akan semakin kental dan pekat pula teksturnya.

Anda bisa mengolah ganache sebagai topping, frosting, dan filling untuk hidangan kue dan produk pastry. Selain itu, ganache bisa pula diolah sebagai cokelat leleh, seperti fudge atau chocolate fondue yang tidak kalah nikmat untuk pelanggan Anda.

2. Glaze

cokelat glaze

Glaze adalah cokelat cair yang dapat dipakai untuk melapisi kue dan dessert dengan tekstur yang lebih cair dan ringan daripada ganache. Bahan dekorasi ini bisa diolah dari cokelat batang yang dilelehkan dengan metode Au-Bain Marie sehingga tampilannya lebih mengilap.

Aplikasi glaze pada kue tart biasanya berupa cokelat siram (chocolate drip) atau lelehan cokelat yang indah di atasnya. Tidak hanya kue tart, glaze cokelat dapat pula diaplikasikan sebagai topping donat atau roti, kemudian didinginkan sampai mengeras di lemari es.

3. Coating

cokelat coating

Sesuai namanya, coating berarti melapisi sebagian atau seluruh bagian kue dengan bahan cokelat untuk menambah cita rasanya. Lapisan cokelat tersebut dapat diolah dari jenis coklat compound atau cokelat couverture dengan teknik pengolahan yang berbeda.

Aplikasi cokelat coating tidak terbatas untuk kue atau produk bakery lainnya. Anda bisa menggunakan metode coating pada manisan cokelat seperti truffle dan praline yang dapat dijadikan sebagai bahan dekorasi kue tambahan.

4. Cetakan Cokelat

cokelat cetakan

Terakhir, Anda dapat menggunakan cetakan cokelat dengan berbagai bentuk dan rupa untuk menghias kue. Banyak sekali bentuk yang bisa dibuat sebagai dekorasi kue, mulai dari cokelat pagar, cokelat serut, stik, motif, hingga sarang tawon. Saat menghiasnya, Anda perlu memperhatikan penempatannya agar terlihat estetik dan tidak berantakan.

Biasanya, cokelat yang dicetak ini dibuat dari jenis cokelat compound atau couverture yang dilelehkan. Setelah meleleh, tuangkan cokelat ke dalam cetakan dan tunggu hingga cokelat mengeras. Setelah itu, lepaskan cokelat dari cetakan dan produk coklat hias pun siap digunakan untuk menghias kue tart dan dessert lainnya.

Tips Menghias Kue dengan Cokelat

Walaupun termasuk dalam langkah terakhir, menghias cake merupakan proses yang tidak kalah penting. Anda justru membutuhkan ketelatenan agar bisa menghasilkan dekorasi yang mampu menarik perhatian pelanggan. 

Ada pula beberapa tips yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda hendak menghias kue dengan keempat jenis dekorasi cokelat di atas. Simak tipsnya di bawah ini supaya proses menghias kue tidak berujung pada kegagalan.

1. Gunakan Berbagai Alat Penghias Kue

Banyak sekali alat penghias kue yang tersedia untuk memudahkan aplikasi dekorasi cokelat pada hidangan Anda. Lazy susan, pisau palet, piping bag dan spuiticing comb merupakan empat dari sekian banyaknya alat tersebut. Manfaatkan alat-alat tersebut secara maksimal supaya Anda bisa menghasilkan berbagai variasi dekorasi kue yang menawan.

2. Hindari Ruangan Bersuhu Tinggi

Hiasan cokelat seperti ganache dan glaze berisiko mudah mencair apabila diaplikasikan pada dapur yang bersuhu tinggi. Bukan tidak mungkin bentuk hiasan kue Anda menjadi tidak karuan karena sudah telanjur mencair. Karena itu, Anda memerlukan area atau space dengan suhu ruangan normal atau sejuk untuk menghias kue.

3. Tunggu sampai Kue Mendingin

Anda tidak boleh buru-buru menghias kue yang baru selesai dipanggang dari oven. Suhu kue yang masih tinggi justru akan merusak tekstur dekorasi cokelatnya. Tunggulah kue mendingin hingga 6-12 jam di dalam chiller sebelum Anda mulai mendekorasi hidangan ini.

4. Cari Inspirasi Dekorasi Kue

Banyak sekali referensi mengenai dekorasi kue yang bisa ditemukan di internet. Anda hanya perlu mencari semua referensi dekorasi tersebut dan mengaplikasikannya dalam hidangan kue. Kadang-kadang, ada beberapa teknik dekorasi yang terlihat rumit. Cobalah mempelajarinya supaya expertise Anda makin bertambah di bisnis bakery and cake

Bahan Cokelat Terbaik untuk Menghias Kue

Satu lagi tips penting yang tidak boleh dilewatkan dalam menghias kue adalah menggunakan bahan yang tepat. Kiosk Cokelat menyediakan cokelat berkualitas untuk meningkatkan pengalaman menghias kue Anda. Gunakan bahan dekorasi cokelat terbaik rekomendasi kami di bawah ini.

1. Cokelat Coating Tulip

Daripada membuat sendiri, gunakan Cokelat Coating Tulip untuk dekorasi kue Anda. Tampilan hidangan Anda makin elegan dengan warna cokelat yang gelap dan mengilap. Coating-nya pun tidak akan retak ketika dipotong sehingga bentuknya tetap cantik dan utuh.

2. Cokelat Decor Compound Hitam atau Putih

Terakhir, gunakan Cokelat Decor Compound Hitam supaya Anda bisa mengolah cokelat batang menjadi berbagai kreasi dengan fleksibel. Chocolate compound ini tidak hanya mudah diolah, tetapi karena dibuat khusus untuk pembuatan dekorasi kue, hasil hiasan yang terbuat dari jenis cokelat ini pun akan terlihat lebih mengilap dan menarik.

Selain varian dark chocolate, produk ini juga tersedia dalam varian putih sehingga Anda bisa menghasilkan dekorasi kue yang lebih berwarna dan menarik.

Hubungi KioskCokelat untuk mendapatkan dua produk di atas dan mulailah mendekorasi hidangan Anda dengan berbagai jenis cokelat hias untuk kue yang telah dibahas dalam artikel ini. Selamat mencoba!