2 Cara Membuat Pasta Coklat Sendiri

2 Cara Membuat Pasta Coklat Sendiri

Cara membuat pasta coklat sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Yuk simak langkah-langkah pembuatannya pada artikel ini!

Cara membuat pasta coklat sendiri sebenarnya cukup mudah. Cokelat pasta sendiri memang merupakan salah satu produk cokelat yang banyak digunakan oleh tenaga profesional untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari dekorasi, olesan, cocolan, hingga isian.

Melalui artikel ini, Anda dapat mengetahui cara membuat pasta coklat sendiri di rumah. Selain itu, Anda juga akan mempelajari berbagai informasi penting seputar pasta cokelat. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Pasta Cokelat?

Pasta cokelat adalah salah satu produk olahan cokelat yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan memasak dan baking. Seperti namanya, pasta cokelat ini memiliki bentuk seperti pasta atau selai. Pasta cokelat dapat memiliki komposisi dan konsistensi yang berbeda, tergantung dari kebutuhan dan produsennya.

Sama seperti produk olahan cokelat lainnya, pasta cokelat memiliki berbagai macam varian, mulai dari cokelat hitam, cokelat susu, hingga cokelat putih. Dalam beberapa jenis produk yang sudah beredar di pasaran, pasta cokelat juga mengandung berbagai macam bahan tambahan seperti kacang, stroberi, atau madu.

Pasta cokelat dibuat dari campuran bubuk kakao, lemak kakao, minyak nabati, susu, dan gula. Pasta cokelat sendiri merupakan salah satu pilihan cokelat batangan atau cokelat bubuk yang sangat cocok digunakan dalam berbagai resep makanan. Berbeda dengan cokelat batangan atau produk cokelat lainnya, pasta cokelat tidak akan mengeras atau menjadi makin cair jika disimpan di suhu ruangan.

Ada banyak sekali produk pasta cokelat yang sudah beredar di pasaran, salah satunya adalah Tulip Chocolate Paste. Jadi, jika Anda merasa tidak ingin menggunakan waktunya untuk membuat pasta cokelat sendiri, lebih baik beli produk jadinya saja.

2 Kegunaan Pasta Cokelat

Pasta cokelat merupakan bahan serbaguna yang sering digunakan oleh tenaga profesional untuk berbagai macam keperluan memasak dan baking. Berikut ini adalah beberapa kegunaan pasta cokelat yang wajib Anda ketahui.

1. Filling

Anda dapat menggunakan pasta cokelat untuk menjadi filling, atau isian, dari berbagai macam masakan, produk bakery, hingga pastry seperti croissant, roti-rotian, lava cake, dan masih banyak lagi. Pada zaman yang sudah modern ini, bahkan sudah ada banyak makanan tradisional yang sudah memiliki isian cokelat, seperti bakpia dari Indonesia, anpan dari Jepang, dan lain sebagainya.

Selain digunakan sebagai isian, Anda juga dapat menggunakan pasta cokelat sebagai salah satu bahan untuk membuat cream filling. Cukup campurkan pasta cokelat dengan beberapa bahan tambahan seperti krim atau susu dan mentega. Tekstur yang lembut dari pasta cokelat menjadikannya sebagai filling yang disukai banyak orang.

2. Spread

Pasta cokelat merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk spread, atau selai. Bentuk dari pasta cokelat yang memang seperti pasta dan selai membuatnya sangat cocok digunakan sebagai bahan dari spread untuk berbagai macam produk bakery dan pastry seperti roti,, kue, dan lain sebagainya.

Untuk menambah rasa dari spread, Anda dapat memasukkan berbagai macam bahan tambahan pada pasta cokelat tersebut, seperti kacang-kacangan atau buah-buahan. Jika Anda mencari chocolate spread langsung di pasaran, memang sudah ada banyak varian rasa seperti kacang dan stroberi yang dapat ditemukan.

2 Cara Membuat Pasta Cokelat Sendiri

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat pasta cokelat sendiri, yaitu menggunakan metode panas dan metode dingin. Kedua metode tersebut dapat menghasilkan dua pasta cokelat dengan hasil yang sama, hanya cara pembuatannya saja yang berbeda.

Sebelum membuat pasta cokelat sendiri, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, antara lain:

  • Cokelat, potong hingga kecil-kecil jika berbentuk batangan. Kami sarankan gunakan cokelat dengan kualitas tinggi. Coba gunakan Tulip Dark Compound (untuk opsi cokelat compound) atau Embassy Oceanic Blend (untuk opsi cokelat couverture)
  • Dairy cream
  • Glukosa
  • Mentega lunak
  • Setelah semua bahan-bahan disiapkan, Anda dapat mulai membuat pasta cokelat sendiri. Berikut ini adalah dua metode membuat pasta cokelat.

    1. Metode Panas

    Untuk membuat pasta cokelat menggunakan metode panas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

    • Tuangkan dairy cream ke dalam panci yang ada di atas kompor.
    • Panaskan panci tersebut pada suhu 90oC.
    • Masukkan potongan cokelat, atau koin cokelat, ke dalam sebuah mangkuk.
    • Tuang dairy cream yang sudah panas ke dalam potongan cokelat.
    • Aduk dairy cream dan cokelat hingga meleleh dan tercampur rata.
    • Tambahkan glukosa ke dalam adonan pasta cokelat.
    • Aduk adonan pasta cokelat menggunakan hand blender.
    • Masukkan mentega lunak ke dalam adonan pasta cokelat.
    • Aduk kembali adonan tersebut menggunakan hand blender hingga tercampur rata.

    2. Metode Dingin

    Untuk membuat pasta cokelat menggunakan metode dingin, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

    • Lelehkan cokelat.
    • Tuangkan dairy cream ke dalam panci, panaskan pada suhu 40oC.
    • Tuang dairy cream yang sudah panas ke dalam mangkuk yang berisi lelehan cokelat. Aduk hingga tercampur rata.
    • Tambahkan glukosa ke dalam adonan pasta cokelat dan aduk menggunakan hand blender hingga tercampur rata.
    • Masukkan mentega lunak ke dalam adonan pasta cokelat.
    • Aduk kembali adonan tersebut menggunakan hand blender hingga tercampur dengan rata.

    Pilihlah Cokelat yang Berkualitas dari KioskCokelat!

    Apabila Anda membutuhkan cokelat untuk keperluan bisnis makanan, yuk gunakan cokelat berkualitas dari KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai macam jenis cokelat, mulai dari cokelat compound seperti Tulip Dark Compound hingga cokelat couverture seperti Embassy Oceanic Blend. Selain itu, Anda juga bisa langsung menggunakan Tulip Chocolatier Chocolate Paste jika tidak ingin ribet membuatnya sendiri. Jika tertarik, Anda dapat langsung mulai berbelanja di sini.