cokelat compound

Mengenal Pengertian dan Keunggulan Cokelat Compound

Cokelat compound adalah salah satu produk cokelat yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan di industri makanan. Apa saja keunggulannya dibanding jenis cokelat lain? Mari simak selengkapnya di sini!

Coklat compound adalah salah satu produk cokelat serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan memasak, mulai dari sebagai bahan baku pembuatan makanan hingga untuk dekorasi. Selain itu, cokelat compound juga memiliki harga yang relatif lebih murah daripada jenis cokelat lain, seperti cokelat couverture.

Cokelat compound sendiri merupakan salah satu jenis cokelat yang paling banyak digunakan karena keserbagunaannya. Biasanya, Anda dapat menemukan penggunaan cokelat compound pada produk bakery, pastry, hingga makanan penutup dan minuman. Lantas, apa sih sebenarnya cokelat compound?

Pengertian Cokelat Compound

cokelat compound

Cokelat compound merupakan salah satu produk cokelat yang sangat sering diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan di industri makanan. Pasalnya, cokelat compound memiliki harga yang relatif murah dan sangat mudah untuk digunakan. Berbeda dengan cokelat couverture yang memiliki harga yang relatif lebih mahal dan perlu dilakukan tempering terlebih dahulu sebelum digunakan.

Cokelat compound memiliki harga yang lebih murah daripada cokelat couverture karena kandungan yang ada di dalamnya, yaitu cokelat compound menggunakan lemak nabati, bukan lemak kakao seperti cokelat couverture. Tujuan diciptakannya cokelat compound sendiri memang sebagai alternatif dari cokelat couverture yang dahulu harganya sangat mahal. Jadi, orang dari berbagai kalangan dapat merasakan cokelat.

Walaupun memiliki kandungan lemak yang berbeda, tetapi cokelat compound juga memiliki kandungan padatan kakao di dalamnya dan tersedia dalam berbagai persentase kandungan kakao, sama seperti cokelat couverture. Di pasaran, biasanya Anda dapat menemukan tiga varian cokelat compound, yaitu dark, milk, dan white. Namun, sekarang sudah ada lebih banyak varian lagi seperti stroberi dan lain sebagainya.

Baca juga: Jenis-Jenis Coklat Dalam Pastry

Kandungan Cokelat Compound

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa cokelat compound tidak menggunakan lemak kakao seperti cokelat couverture, melainkan menggunakan lemak nabati sebagai penggantinya. Hal tersebut dikarenakan lemak kakao memiliki harga yang lebih mahal. Jadi, untuk menurunkan harga jual cokelat compound, produsen menggantinya dengan lemak nabati seperti minyak sawit agar harga jualnya dapat lebih terjangkau.

Selain itu, cokelat compound juga dibuat menggunakan bubuk kakao, yang mana merupakan versi bubuk dari padatan kakao (bahan yang digunakan untuk membuat cokelat couverture). Padatan kakao dan lemak kakao sendiri merupakan kandungan yang terdapat dari chocolate liquor, yaitu biji kakao yang sudah dipanggang di bawah sinar matahari lalu digiling hingga menjadi cairan.

Selain bubuk kakao dan lemak nabati, cokelat compound juga memiliki kandungan gula di dalamnya. Beberapa varian cokelat compound seperti milk chocolate compound menambahkan susu di dalamnya untuk menambahkan rasa susu. Namun, ada satu jenis cokelat compound yang bahkan tidak mengandung kakao sama sekali, yaitu white chocolate compound.

Bahan yang digunakan untuk membuat white chocolate compound tidak mengandung kakao (cokelat) sama sekali, melainkan menggunakan vanila sebagai pengganti dari bubuk kakao untuk memberikan tampilan yang berwarna putih. Oleh karena itu, beberapa ahli cokelat tidak menganggap white chocolate compound sebagai sebuah cokelat.

Baca juga: Apa Itu Cokelat Couverture Bake Stable dan Apa Kegunaannya?

3 Keunggulan Cokelat Compound

keunggulan cokelat compound

Walaupun hanya merupakan sebuah alternatif dari cokelat couverture, tetapi cokelat compound memiliki beberapa keunggulannya sendiri. Berikut ini adalah beberapa keunggulan cokelat compound yang perlu Anda ketahui.

1. Lebih Mudah Digunakan

Keunggulan yang pertama dari cokelat compound adalah Anda dapat langsung menggunakannya untuk memasak atau dekorasi dengan cara melelehkannya. Berbeda dengan cokelat couverture yang harus melalui proses tempering terlebih dahulu sebelum digunakan. Jadi, Anda dapat menghemat lebih banyak waktu ketika memasak menggunakan cokelat compound.

Apabila Anda adalah seorang pemula yang masih mencoba-coba berbagai macam resep, cokelat compound merupakan bahan yang sangat cocok untuk Anda gunakan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai eksperimen dekorasi menggunakan cokelat compound karena kemudahan penggunaannya dan harganya yang juga relatif murah.

2. Tidak Mudah Meleleh

Cokelat compound merupakan jenis cokelat yang tidak mudah meleleh di suhu ruangan. Berbeda dengan cokelat couverture yang sangat rentan dan sensitif terhadap banyak hal, terutama perubahan temperatur dan udara. Biasanya, cokelat compound akan mulai meleleh ketika sudah berada di suhu 40 derajat Celcius. Jadi, cokelat compound akan sangat aman jika berada di suhu ruangan pada waktu yang lama.

Berkat titik lelehnya yang tinggi, cokelat compound lebih cocok digunakan sebagai dekorasi, apalagi untuk jenis dekorasi yang kompleks seperti membuat bentuk-bentuk. Ketika melakukan dekorasi menggunakan cokelat compound, Anda bisa lebih santai ketika melakukannya di suhu ruangan dan tidak perlu segera memasukkannya ke pendingin saat sudah selesai. Pastikan saja dekorasi yang dibuat dari cokelat compound tersebut tidak langsung terkena cahaya matahari.

3. Harga Lebih Terjangkau

Keunggulan yang membuat cokelat compound sangat sering digunakan adalah harganya yang lebih terjangkau. Jadi, setiap pebisnis makanan baik itu yang memiliki kafe atau restoran hingga yang hanya menjajakan di kaki lima, dapat tetap menyediakan menu yang berbahan cokelat untuk konsumennya dengan mudah.

Baca juga: 9 Jenis Coklat dan Fungsinya

3 Pilihan Cokelat Compound Terbaik untuk Kreasi Anda

Apabila Anda ingin mendapatkan cokelat compound, baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis makanan, KioskCokelat menyediakan banyak sekali varian cokelat compound. Berikut ini adalah beberapa pilihan cokelat compound terbaik untuk kreasi Anda.

1. Tulip Dark Compound Chocolate

Dark Compound Chocolate

Tulip Dark Compound Chocolate adalah produk cokelat compound premium yang tersedia dalam ukuran 1 kg dan sangat serbaguna. Anda dapat mengaplikasikannya untuk segala jenis roti, pastry, dan aplikasi cokelat lainnya.

2. Tulip Milk Compound Chocolate

Milk Compound Chocolate

Tulip Milk Compound Chocolate adalah produk compound favorit di kalangan profesional dan home baker karena dapat memberikan kelezatan yang khas pada berbagai masakan. Tulip Milk Compound Chocolate memiliki cita rasa manis susu yang seimbang untuk semua orang yang menginginkan pengalaman menikmati sensasi cokelat susu pada makanan mereka.

3. Tulip White Compound Chocolate Coins

White Compound Chocolate Coins

Tulip White Compound Chocolate Coins adalah produk premium dengan kualitas terbaik dan sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan filling, coating, hingga moulding. Cokelat compound ini hadir dalam bentuk koin, jadi Anda akan lebih mudah ketika melelehkannya.

Apabila Anda ingin membeli produk-produk di atas, langsung saja kunjungi produk cokelat compound dari KioskCokelat. Selain cokelat compound, kami juga menyediakan berbagai produk cokelat lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami di sini!