Jenis-Jenis Coklat Praline Berdasarkan Negara Asalnya

Jenis-Jenis Coklat Praline Berdasarkan Negara Asalnya

Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis-jenis cokelat praline yang berbeda-beda berdasarkan negara asalnya? Yuk simak selengkapnya bersama KioskCokelat di sini!
3 Pengganti Cokelat Bubuk untuk Brownies Membaca Jenis-Jenis Coklat Praline Berdasarkan Negara Asalnya 6 menit Selanjutnya Macam-Macam Topping Donat

Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis-jenis cokelat praline yang berbeda-beda berdasarkan negara asalnya? Cokelat praline yang mungkin kita ketahui adalah camilan cokelat yang memiliki berbagai macam isian. Padahal, cokelat praline tersebut hanya merupakan salah satu jenis praline yang ada di dunia.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari mengenai jenis-jenis cokelat praline yang ada di seluruh dunia berdasarkan asal negaranya. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan cokelat praline. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Cokelat Praline?

Cokelat praline adalah jenis camilan cokelat manis yang terdiri dari cokelat (shell) dan bahan-bahan isian seperti lelehan cokelat, kacang-kacangan, dan buah-buahan segar. Praline sendiri merupakan sebuah istilah yang dapat mengacu pada dua jenis camilan yang berbeda, yaitu praline Prancis dan praline Belgia. Praline Prancis adalah camilan atau manisan kacang yang dilapisi dengan karamel, sedangkan praline Belgia adalah camilan atau permen cokelat yang memiliki isian, atau yang kita sebut sebagai cokelat praline.

Secara asal usul kata, istilah "praline" sebenarnya berasal dari Belgia. Namun, camilan praline yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Belgia juga ditemukan di Prancis dengan sebutan yang berbeda, yakni crotte de chocolat. Bentuk, tekstur, dan bahan-bahan pembuatannya sama, yaitu sebuah permen cokelat bulat dengan isian di dalamnya.

Di seluruh dunia, cokelat praline atau praline Belgia sendiri juga dikenal dengan nama chocolate bon bon. Jika dibuat di Belgia, biasanya chocolate bon bon ini akan terbuat dari cokelat Belgia berkualitas dengan titik leleh rendah yang kemudian akan diisi dengan bagian tengah yang lembut.

Walaupun umumnya ditemukan dengan bentuk yang bulat, tetapi sebenarnya masih ada banyak jenis dan bentuk lainnya dari cokelat praline. Namun, hampir seluruh jenis tersebut terbuat dari sebuah cangkang cokelat yang diisi dengan bagian tengah yang lembut. Isian dari cokelat praline dapat sangat beragam, mulai dari lelehan cokelat, kacang, buah, karamel asin, kopi, hingga campuran minuman beralkohol.

Selain di Prancis dan Belgia, praline sendiri memang merupakan salah satu jenis makanan yang terkenal di berbagai negara Eropa dan sering dijual sebagai camilan di kafe atau tempat makan lainnya. Di Inggris, Belanda, dan Jerman, istilah "praline" biasanya merujuk pada pasta cokelat atau bubuk kacang yang digunakan sebagai isian untuk praline Belgia, crotte de chocolat, atau chocolate bon bon.

Baca juga: Berkenalan dengan Jenis-Jenis Praline yang Lezat

Jenis-Jenis Praline Berdasarkan Negara Asalnya

Praline Berdasarkan Negara Asalnya

Cokelat praline sendiri memang hanya berasal dari Belgia. Sejauh ini, tidak ada negara lain yang memiliki manisan cokelat serupa yang bukan merupakan varian dari praline Belgia. Walaupun begitu, istilah praline sendiri dapat mengacu pada tiga jenis camilan yang berbeda dari tiga negara yang berbeda.

1. Praline Prancis

Praline Prancis adalah camilan atau manisan yang dibuat dari kacang almond dan lapisan karamel. Proses pembuatannya sangat mudah, Anda hanya perlu melapisi kacang almond dengan karamel saja. Meskipun proses pembuatannya sederhana, rasa praline Prancis ini sangat enak dan dahulu merupakan makanan eksklusif bagi bangsawan Prancis.

2. Praline Belgia

Praline Belgia, juga dikenal sebagai chocolate bon bon, adalah camilan atau permen cokelat yang biasanya berbentuk bulat dan memiliki isian yang lembut. Umumnya, praline Belgia memiliki isian cokelat cair yang lembut saat dimakan, tetapi sebenarnya isian yang dapat digunakan tidak terbatas, mulai dari bubuk kacang, pasta kacang, karamel, kopi, minuman beralkohol, dan banyak variasi lainnya.

3. Praline Amerika Serikat

Praline Amerika Serikat, yang juga dikenal dengan nama pecan, adalah jenis camilan atau manisan yang terdiri dari kacang pecan dan lapisan karamel. Bentuk dan bahan dasar pembuatannya lebih mirip dengan praline Prancis daripada praline Belgia karena hanya terdiri dari kacang dan karamel. Pada dasarnya, pecan sendiri memang merupakan variasi dari praline Prancis yang bahan dasarnya diubah.

Praline pertama kali tiba di Amerika Serikat di New Orleans pada tahun 1727 melalui orang Prancis yang berpindah ke Amerika Serikat. Para biarawati Ursine membawa dan mengajari para remaja putri untuk membuat praline sebagai bagian dari pelatihan mereka. Namun, karena kacang almond sangat langka di New Orleans, mereka memutuskan untuk menggantikannya dengan kacang pecan lokal. Dengan memakai kacang pecan, praline menjadi populer dan tersebar ke seluruh wilayah Amerika Serikat dan lebih dikenal sebagai pecan.

Baca juga: Apa Sih Coklat Praline Itu?

Jenis-Jenis Cokelat Praline Belgia

Jenis Cokelat Praline Belgia

Cokelat praline asal Belgia ini selain memiliki bentuk yang beragam, tetapi juga memiliki jenis-jenis yang berbeda berdasarkan cara pembuatannya, antara lain:

1. Moulded Praline

Seperti namanya, moulded praline adalah cokelat praline yang cangkangnya dibuat dengan cara dicetak. Moulded praline dibuat dengan menuangkan isian pilihan Anda ke dalam cetakan praline yang sudah dilapisi dengan lelehan cokelat (sebagai cangkangnya). Praline jenis ini terlihat sangat menarik, apalagi dengan cangkang cokelat yang dibuat dengan baik. Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan cocoa butter coloring ke praline yang dibuat.

2. Piped Praline

Piped praline dibuat dengan menggunakan piping bag atau dispuit. Jenis praline ini biasanya akan dibungkus ke dalam kemasan yang dibagi oleh beberapa sekat. Cara membuatnya pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menekan bagian piping bag yang telah diisi cokelat ganache dan membentuknya, kemudian taruh topping di bagian atasnya. Anda bisa memanggangnya bersama topping terlebih dahulu, atau langsung di-piping ke dalam kemasannya.

3. Cut Praline

Cut praline dibuat dengan menuangkan cokelat ganache ke dalam loyang, lalu tambahkan topping atau isian, dan potong menjadi potongan-potongan kecil. Biasanya, baker profesional menggunakan guitar cutter atau pastry guitar untuk memotong adonan cokelat praline agar mendapatkan potongan yang sama rata.

Baca juga: Mengulas Cara Membuat Dessert Box Cokelat

Wah, ternyata ada banyak ya jenis-jenis cokelat praline yang dapat kita temui. Nah, jika Anda membutuhkan cokelat untuk membuat cokelat praline atau berbagai kreasi kue lainnya, langsung saja beli produk cokelat dengan kualitas terbaik di KioskCokelat. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami di sini!