CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

Jenis-Jenis Topping Berbahan Dasar Cokelat untuk Kue

topping cokelat

Ada banyak sekali jenis-jenis topping yang dapat digunakan untuk menghias dan menambah rasa kue. Setiap topping tentu saja memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari teksturnya, tampilannya, hingga rasanya. Pembuat kue pasti akan selalu memberikan topping sebagai sentuhan akhir untuk kuenya sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari apa saja jenis-jenis topping yang dapat digunakan untuk kue, terutama yang berbahan dasar cokelat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan rekomendasi produk cokelat untuk membuat topping tersebut. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Jenis-Jenis Topping Berbahan Dasar Cokelat untuk Kue

Ada berbagai macam jenis-jenis topping yang dapat Anda gunakan untuk kue, terutama yang berbahan dasar cokelat, antara lain:

1. Frosting

Frosting

Dalam pembuatannya, frosting menggunakan lemak (seperti mentega) untuk memberikan konsistensi yang lebih kental. Selain itu frosting juga biasa digunakan sebagai filling.

Konsistensi dari frosting menjadikannya pilihan yang baik untuk piping dan bentuk dekorasi serupa, seperti yang sering terlihat pada cupcake. Pewarna makanan atau bahan lainnya juga dapat ditambahkan untuk menciptakan warna yang cerah sehingga tampilan dari kue yang dihias menggunakan frosting akan lebih cantik.

2. Glaze

Glaze

Glaze adalah salah satu pelapis cake yang memiliki bahan dasar cokelat. Glaze memiliki tampilan yang mengilap dan memberikan rasa yang lezat. Glaze bisa dibuat dari bahan-bahan seperti gula, susu, atau cokelat yang dicairkan dan dibubuhi dengan rempah-rempah atau bahan tambahan lain seperti ekstrak vanilla atau cokelat.

Glaze bisa dioleskan ke seluruh permukaan kue atau hanya sebagian, tergantung pada selera dan keinginan. Glaze biasanya diaplikasikan ke kue setelah selesai dipanggang atau diolah, sehingga lapisan glaze tersebut menempel dengan baik di permukaan kue. Beberapa contoh kue yang biasa diolesi glaze adalah donat, bolu, dan brownies.

Baca juga: Apa Itu Cokelat Compound?

3. Choco Chips

Choco Chips

Choco chips adalah butiran-butiran kecil cokelat yang bisa digunakan sebagai topping untuk kue. Choco chips biasanya terbuat dari cokelat yang dicairkan dan dicetak dalam bentuk yang sangat kecil sehingga mudah ditaburkan di atas kue. Choco chips bisa memberikan tampilan yang menarik dan memberikan rasa cokelat yang lezat bagi kue.

Choco chips bisa ditaburkan di atas kue sebagai topping, atau bahkan dicampurkan ke dalam adonan kue sebelum dipanggang untuk memberikan rasa cokelat yang lebih terasa. Choco chips juga bisa dicampurkan ke dalam glaze cokelat untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan intens. Salah satu choco chips dengan kualitas terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Tulip Choco Chips yang dapat memberikan tambahan rasa cokelat yang padat dengan keseimbangan yang pas antara manis dan pahit.

4. Choco Chunks

Choco Chunks

Pada dasarnya, choco chunks mirip dengan choco chips, tetapi potongan-potongannya lebih besar sehingga memberikan tampilan yang lebih terlihat dan rasa yang lebih kuat. Sama seperti choco chips, choco chunks juga bisa ditaburkan di atas kue sebagai topping atau dicampurkan ke dalam adonan kue sebelum dipanggang dan glaze cokelat.

Choco chunks bisa memberikan tampilan yang menarik dan memberikan rasa cokelat yang lezat dan lebih terasa untuk kue. Salah satu choco chunks dengan kualitas terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Tulip Choco Chunks. Produk ini sangat cocok sebagai topping pada dessert, muffin, pastry, atau cookies, maupun sebagai inklusi dalam roti dan pastry.

Baca juga: Mengulas Cara Membuat Dessert Box Cokelat

5. Meses

Meses

Meses (sprinkles atau chocolate rice) adalah butiran cokelat yang digunakan sebagai topping untuk roti, kue bolu, martabak, donat, bahkan es krim. Sebagai topping untuk roti tawar, meses hanya ditemukan dan dinikmati di Belanda dan negara-negara bekas jajahannya saja, seperti Indonesia, Suriname, dan Belgia. Salah satu meses dengan kualitas terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Tulip Choco Rice yang terbuat dari cokelat compound.

6. Selai Cokelat

Selai Cokelat

Selai bisa digunakan sebagai topping untuk kue, terutama untuk kue yang membutuhkan sentuhan akhir yang manis dan lembut. Selai bisa dioleskan ke atas kue sebagai lapisan tipis, atau bahkan dituangkan di atas kue untuk memberikan saus yang lebih banyak. Selai juga bisa dicampurkan dengan whipped cream atau es krim untuk memberikan rasa yang lebih creamy dan lezat.

Baca juga: 7 Minuman Cokelat Panas yang Lezat Untuk Bisnis

7. Sirup Cokelat

Sirup Cokelat

Walaupun lebih sering digunakan sebagai topping untuk es krim atau minuman, tetapi sirup cokelat juga sangat cocok dijadikan sebagai topping untuk kue. Anda dapat menyirami bagian atas kreasi kue yang dibuat menggunakan sirup cokelat, lalu tambahkan buah-buahan segar (potong kecil-kecil jika buahnya besar), whipped cream, cokelat bubuk, atau parutan cokelat.

Baca juga: 2 Cara Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman

Salah satu sirup cokelat siap pakai yang dapat Anda gunakan adalah Tulip Sciroppi, yang merupakan sirup cokelat dengan tekstur velvety. Kreasi kue yang Anda buat dijamin akan terlihat lebih indah dan terasa semakin nikmat dengan mendekorasinya menggunakan Tulip Sciroppi.

KioskCokelat menyediakan berbagai macam jenis selai cokelat yang dapat Anda gunakan, mulai dari yang memiliki rasa cokelat hitam hingga campuran cokelat dan kacang hazel. Jika tertarik untuk mendapatkannya, langsung saja cek koleksi Selai dan Isian Cokelat dari KioskCokelat sekarang juga.

Selain itu, kami juga menyediakan berbagai macam produk cokelat lainnya, baik itu cokelat compound maupun cokelat couverture. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami di sini!