mengapa cokelat mudah meleleh

Mengapa Cokelat Mudah Meleleh? Ini Solusinya untuk Anda

Penasaran mengapa cokelat mudah meleleh? Khususnya kalau dibiarkan di tempat terbuka, hingga dipegang dengan tangan kita dalam waktu yang lama. Nah silahkan cek rahasianya di artikel ini!

Mengapa cokelat mudah meleleh? Pernahkah Anda mempertanyakan hal ini dengan serius? Semua orang pasti tahu kalau cokelat bisa atau bahkan mudah meleleh ketika terkena suhu udara yang panas. Contohnya seperti tersimpan dalam tas berjam-jam, dibiarkan di tempat terbuka, hingga dipegang dengan tangan kita dalam waktu yang lama. 


Untuk menjawab rasa penasaran Anda, informasi mengenai alasan cokelat mudah meleleh sudah tersedia. Selain itu Anda juga akan diajak mengetahui beberapa fakta tentang cokelat yang kemungkinan besar masih sering disalah artikan. 

Selagi membacanya, coba sekaligus cek apakah informasi yang Anda ketahui tentang cokelat sudah benar atau belum. Tanpa berpanjang lebar lagi, mari langsung simak selengkapnya di bawah ini!

Jadi Mengapa Cokelat Mudah Meleleh?

Secara sederhana, cokelat sangat mudah meleleh karena sebagian besar bahannya terbuat dari lemak, yang hadir dalam bentuk lemak kakao (cocoa butter). Lemak kakao sendiri adalah lemak yang secara alami berasal dari biji kakao. 


Lemak kakao inilah yang memberikan tekstur kaya saat cokelat meleleh di mulut. Semakin tinggi kandungan lemak kakao dalam cokelat, maka makin mudah juga Anda mencairkannya. 


Baca juga: 4 Kegunaan Cokelat Bubuk untuk Kue


Namun perlu diingat bahwa pada umumnya semua jenis cokelat meleleh dengan cepat. Namun di antaranya ada jenis cokelat yang perlu melalui proses tempering, yakni hal ini terjadi saat Anda mencairkan cokelat secara bertahap, sambil menjaga batas suhu untuk menjaga kualitas cokelat. Jenis cokelat yang melewati proses tersebut biasa disebut cokelat couverture


Supaya Anda bisa menanganinya dengan baik, pastikan cokelat disimpan pada suhu temperatur 18-22 derajat. Apabila ruang memasak menyalakan AC maka tak ada salahnya menyimpan cokelat di ruang tersebut. 

Fakta-Fakta Lain yang Perlu Anda Pahami tentang Cokelat

Cokelat, selain menjadi camilan yang digemari oleh banyak orang, juga memiliki sejarah dan karakteristik yang menarik untuk dipelajari. Di balik kelezatan dan kepopulerannya, terdapat fakta-fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Mari bahas lebih lanjut berikut ini.

1. Ditemukan Pertama Kali Di Meksiko dan Sekitarnya

Sejarah cokelat dimulai di Meksiko dan negara-negara di sekitarnya dengan sebutan Mesoamerica, yang di dalamnya tinggal suku bernama Aztec dan Maya.


Kedua suku tersebut pertama kali menemukan biji kakao dan menggunakannya untuk membuat minuman pahit. Bagi kedua suku ini, cokelat bukan hanya minuman sehari-hari, tetapi juga memiliki nilai spiritual dan keagamaan yang tinggi. 


Pada abad ke-15, suku Aztec bahkan menggunakan biji kakao sebagai mata uang untuk melakukan transaksi perdagangan. Penemuan cokelat oleh suku Aztec dan Maya kemudian membawa minuman ini ke Eropa melalui penjelajah Spanyol, yang memperkenalkannya ke dunia Barat.

2. Pohon Cokelat Punya Usia yang Sangat Panjang

Pohon cokelat yang memiliki nama ilmiah Theobroma cacao adalah tanaman yang menakjubkan dengan usia produktif yang sangat panjang. Meskipun membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mulai berbuah, pohon cokelat bisa terus berproduksi selama puluhan bahkan ratusan tahun. 


Namun umur panjangnya tidak serta-merta membuat pohon cokelat menghasilkan buah kakao secara terus-menerus. Faktanya dari usia 200 tahun pohon tersebut hidup, pohon cokelat hanya bisa memproduksi selama 25 tahun saja. 

3. Membuat Cokelat Tidak Semudah yang Dibayangkan

Meskipun kita sering mengasosiasikan cokelat dengan kesenangan dan kenikmatan, proses pembuatannya sebenarnya sangat kompleks. Dari mulai panen biji kakao hingga proses fermentasi, penggilingan, dan pemisahan lemak cokelat, setiap langkah memerlukan keterampilan serta pengetahuan yang mendalam. 


Baca juga: Jenis-Jenis Topping Berbahan Dasar Cokelat untuk Kue


Pada tahap tertentu, cokelat bahkan harus melalui proses tempering yang rumit untuk mendapatkan tekstur dan kilau yang sempurna. Oleh karena itu pembuatan cokelat bukanlah tugas yang mudah, tetapi hasilnya selalu memuaskan bagi para pecinta cokelat di seluruh dunia.

4. Cokelat Terbagi Menjadi Dua Jenis Utama

Secara umum, cokelat dapat dibagi menjadi dua jenis utama, yakni cokelat couverture dan cokelat compound. Apabila Anda pernah melihat kemasan produk cokelat dengan persentase maka kemungkinan besar cokelat tersebut adalah couverture. Jenis cokelat ini punya kandungan lemak kakao yang tinggi sehingga rasanya pun sangat pekat dan lezat. 


Kemudian cokelat compound biasanya sudah bercampur dengan berbagai bahan lainnya seperti minyak nabati, cokelat bubuk, dan gula. Susunan kakao dalam cokelat compound pun terbilang sangat rendah atau tidak ada sama sekali, tergantung masing-masing produsen. Daripada menggunakan lemak kakao (cocoa butter), biasanya cokelat ini lebih menggunakan lemak sayuran (vegetable fats).

5. Cokelat Putih Bukanlah Cokelat Sesungguhnya

Walau sering disebut sebagai cokelat, cokelat putih sebenarnya tidak mengandung cocoa butter sama sekali. Cokelat putih terbuat dari campuran lemak kakao, gula, dan susu yang memberikan rasa manis serta creamy yang khas.

Oleh karena itu cokelat putih lebih tepat disebut sebagai produk turunan cokelat daripada cokelat asli. Meskipun begitu, rasanya yang lezat membuatnya tetap menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia.

6. Cokelat Couverture Perlu Proses Tempering

Seperti yang sudah sempat disebutkan sebelumnya, jenis cokelat couverture memerlukan proses tempering agar penggunaannya pada hidangan penutup memberikan kelezatan yang maksimal. 


Pasalnya proses tempering ini memegang peranan kunci dalam menghasilkan rasa serta tekstur sempurna yang diinginkan oleh para koki profesional. Proses ini melibatkan pemisahan dan pengaturan kristal-kristal lemak dalam cokelat untuk mendapatkan tekstur yang halus dan kilau yang indah.


Melalui proses tempering yang benar, cokelat couverture akan memberikan hasil yang sempurna dan memuaskan bagi semua penggemar cokelat.


Baca juga: 3 Metode Tempering Cokelat


Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang mengapa cokelat mudah meleleh, Anda sekarang memiliki wawasan yang lebih baik dalam mengelola cokelat, terutama dalam kondisi suhu yang berubah-ubah. 


Namun bukan hanya suhunya saja yang perlu diperhatikan. Penggunaan kualitas cokelat dalam membuat hidangan lezat juga penting untuk dipertimbangkan. Jika Anda membutuhkan pasokan cokelat berkualitas untuk keperluan bisnis atau kegiatan lainnya, tidak perlu khawatir! Kunjungi website KioskCokelat yang menawarkan jenis cokelat couverture dan Tulip Coklat Compound berkualitas. 


Tersedia beragam bentuk dan ukuran sehingga Anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan. KioskCokelat tidak hanya menyediakan produk berkualitas, tetapi juga memperhatikan kebutuhan setiap jenis cokelat yang dipesan sehingga kualitasnya tetap terjaga saat sampai di tangan Anda. 


Melalui layanan pengiriman yang andal dan pilihan produk yang beragam, KioskCokelat siap membantu dalam memenuhi kebutuhan cokelat Anda. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi KioskCokelat dan temukan cokelat terbaik sekarang juga!