Ternyata Ini Dia 5 Tips Agar Cokelat Tidak Lengket di Cetakan

Ternyata Ini Dia 5 Tips Agar Cokelat Tidak Lengket di Cetakan

Bagaimana sih cara agar cokelat tidak lengket di cetakan? Masih banyak sekali nih orang yang kesulitan ketika menghadapi masalah ini. Yuk simak tips dari KioskCokelat di sini!
Macam-Macam Topping Donat Membaca Ternyata Ini Dia 5 Tips Agar Cokelat Tidak Lengket di Cetakan 5 menit Selanjutnya 5 Rekomendasi Cokelat Filling yang Enak

Bagaimana sih cara agar cokelat tidak lengket di cetakan? Cokelat memang salah satu bahan makanan yang sangat digemari banyak orang. Namun, masalah yang sering dihadapi saat membuat cokelat adalah kesulitannya ketika hendak dikeluarkan dari cetakan. Hal ini dapat menyebabkan cokelat pecah atau rusak saat dikeluarkan, sehingga hasil akhir tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari mengenai tips agar cokelat tidak lengket di cetakan. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui penyebab mengapa cokelat sulit dikeluarkan dari cetakan terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Cokelat Sulit Dikeluarkan dari Cetakan

Cokelat Sulit Dikeluarkan dari Cetakan

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan cokelat sulit dikeluarkan dari cetakan, antara lain:

1. Cetakan Tidak Sesuai

Cetakan yang tidak sesuai untuk mencetak cokelat memiliki kemungkinan dapat membuat cokelat lebih sulit untuk dikeluarkan. Cetakan polikarbonat adalah yang paling baik digunakan untuk cokelat karena transparan, tahan lama, membantu menghasilkan cokelat yang mengkilap, dan memiliki kontraksi yang lebih lambat. Meskipun cetakan silikon bisa digunakan, handling dari cokelat akan lebih sulit dan hasilnya kurang mengkilap dibanding cetakan polikarbonat.

2. Cetakan Tidak Bersih

Kelembaban yang berlebih pada saat mencetak cokelat adalah penyebab umum cokelat sulit dikeluarkan dari cetakan. Agar dapat menghindari hal ini, pastikan untuk membersihkan cetakan sehari sebelum menggunakannya. Cuci cetakan dengan air panas dan keringkan dengan heat gun, kemudian usap dengan kapas kering untuk memastikan kebersihan. Jangan menggunakan sabun saat membersihkan cetakan.

Baca juga: 3 Tips Menggunakan Cokelat Batangan untuk Brownies

3. Cetakan Kurang Dingin

Suhu cetakan yang kurang dingin juga dapat menjadi alasan mengapa cokelat sulit dikeluarkan dari cetakan. Oleh karena itu, pastikan suhu cetakan tidak hangat dengan menyentuhnya dan jika masih hangat, simpan cetakan di dalam freezer beberapa menit. Handling cokelat yang terlalu lama dapat memanaskan cetakan dan memperparah masalah ini, sehingga Anda harus menghindari memegang cetakan terlalu lama.

4. Cokelat Tidak Mengeras dengan Sempurna

Untuk membuat cokelat yang sempurna, Anda harus memberikan waktu untuk cokelat mengeras sebelum mengeluarkannya dari cetakan. Namun, hindari memasukkan cokelat ke dalam pendingin seperti kulkas atau freezer segera setelah pembuatan, karena ini dapat menyebabkan temperature shock dan menghalangi cokelat mengeras dengan baik hingga mengalami blooming.

5. Tidak di-Tempering dengan Baik

Untuk memiliki cokelat yang kuat dan berkualitas, sangat bagi Anda penting untuk melalui proses tempering dengan benar. Cokelat yang ter-tempering dengan baik akan memiliki tekstur yang lebih kokoh, permukaan yang berkilau, dan akan mengalami kontraksi seiring dengan pengerasannya. Pastikan untuk terus memperhatikan teknik tempering dan melakukan dengan benar agar hasilnya sesuai harapan.

Baca juga: Ini Dia 3 Metode Tempering Cokelat

5 Tips Agar Cokelat Tidak Lengket di Cetakan

Tips Agar Cokelat Tidak Lengket

Membuat cokelat sendiri memang menjadi hobi bagi banyak orang dan memiliki rasa yang berbeda dari makanan buatan lainnya. Namun, proses mengeluarkan cokelat dari cetakan bisa menjadi halangan bagi mereka yang baru belajar. Untuk menghasilkan cokelat yang lezat dan bentuknya sempurna, berikut ini adalah beberapa tips agar cokelat tidak lengket di cetakan.

1. Memastikan Cokelat Sudah Mengeras

Memastikan cokelat sudah mengeras adalah langkah penting yang perlu dilakukan sebelum Anda mengeluarkannya dari cetakan. Cara untuk memastikan cokelat sudah mengeras adalah dengan menyentuhnya atau melihat teksturnya. Hal ini penting untuk dilakukan agar hasil akhir cokelat tidak sulit untuk dikeluarkan dan memiliki bentuk yang sempurna. 

2. Dinginkan Cokelat Terlebih Dahulu

Untuk mengeluarkan cokelat dari cetakan, jangan terburu-buru mengeluarkannya saat temperaturnya masih panas. Ini dapat memengaruhi bentuk cokelat dan malah membuatnya lebih mudah pecah. Akan jauh lebih baik jika Anda menunggu cokelat dingin dan mengeras sepenuhnya terlebih dahulu.

Anda dapat mendinginkan cokelat pada suhu ruangan atau dalam lemari pendingin. Namun, akan jauh lebih baik jika cokelat dibiarkan dingin di suhu ruangan saja. Hindari menempatkan cokelat di dalam lemari pendingin karena bisa memengaruhi rasa dan tekstur cokelat. Selain itu, cokelat juga akan lebih rentan terkena sugar bloom atau bahkan fetdoom.

Baca juga: Mengulas Cara Membuat Dessert Box Cokelat

3. Ketuk Cetakan

Mengetuk cetakan adalah salah satu teknik untuk membantu mengeluarkan cokelat dari cetakan. Pastikan untuk meletakkan bantalan lembut, seperti handuk atau kain, di atas meja sebelum mencoba cara ini. Jika Anda mengetuk cetakan secara langsung pada permukaan meja yang keras, kemungkinan cokelat akan retak atau pecah ketika terjatuh ke sana. Ketuklah sisi bawah cetakan dengan lembut menggunakan bantalan, setelah beberapa ketukan, cobalah mengeluarkan cokelat. Ulangi proses ini hingga semua potongan cokelat terlepas dari cetakan.

4. Jaga Jarak Antar Cokelat

Agar cokelat dapat lebih mudah dilepaskan dari cetakan, Anda harus menjaga jarak antara cokelat dengan orang lain yang terlalu rapat. Saat membuat beberapa potong cokelat dalam satu kali pembuatan, hindari menempatkan satu cetakan terlalu dekat dengan cetakan lain. Ini akan menyebabkan terjadinya residual heat dari cokelat di sekitarnya, yang dapat mengakibatkan blooming.

5. Dorong Cetakan ke Bawah

Untuk melepaskan cokelat dari cetakan menggunakan cara ini, pastikan bahwa bagian belakang cetakan sudah terlihat putih. Jika sudah, artinya cokelat sudah tidak menempel di cetakan. Lalu, posisikan cetakan 45 derajat di atas meja yang sudah diberi alas yang lembut seperti kain; gunakan kedua tangan untuk mendukung cetakan berdiri. Jika sudah, dorong cetakan ke arah meja hingga seluruh cokelat terlepas.

Untuk mendapatkan instruksi yang lebih jelas, kunjungi video berikut ini: https://www.instagram.com/reel/CmJS-SMJcnw/

Bagaimana, mudah sekali kan cara agar cokelat tidak lengket di cetakan? Nah, kalau Anda sudah tahu bagaimana caranya, yuk langsung saja buat berbagai kreasi cokelat menggunakan produk cokelat dari KioskCokelat sekarang juga!