CASHBACK get store credit* Read more

DELIERY DISCOUNT with min weight of 5kg. Read more

CARTON DISCOUNT up to 3% off. Read more

4 Kegunaan Cokelat Bubuk untuk Kue

4 Kegunaan Cokelat Bubuk untuk Kue

Apakah Anda tahu bahwa ada banyak sekali kegunaan coklat bubuk untuk kue? Selain digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan brownies, cokelat bubuk juga masih memiliki banyak kegunaan lainnya, mulai dari untuk menambah rasa hingga sebagai dekorasi. Selain brownies, masih ada banyak juga jenis kue lain yang menggunakan cokelat bubuk sebagai salah satu bahan utamanya.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari mengenai apa saja kegunaan coklat bubuk untuk kue. Namun sebelum itu, akan sangat bagus jika Anda mengetahui apa itu cokelat bubuk secara lebih mendalam dan bagaimana cara cokelat bubuk dibuat. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Cokelat Bubuk?

apa itu cokelat bubuk

Cokelat bubuk merupakan bentuk bubuk dari padatan kakao yang kering (dry cocoa solid). Rasa dari cokelat bubuk itu asam dan sangat pahit karena memang murni hanya mengandung 100% kakao di dalamnya. Walaupun begitu, cokelat bubuk memiliki dan dapat memberikan rasa cokelat yang sangat kaya dibanding produk cokelat lainnya.

Padatan kakao sendiri merupakan hasil akhir dari proses pemisahan lemak kakao yang ada di dalam chocolate liquor, yang merupakan bentuk cairan dari biji kakao yang sudah dipanggang di bawah sinar matahari dan digiling. Chocolate liquor memiliki kandungan padatan kakao dan lemak kakao yang sama rata atau 50:50. Cokelat bubuk sendiri memiliki dua jenis varian, yaitu yang dibuat menggunakan proses alami (Broma process) atau Dutch process.

Cokelat bubuk yang diproses secara alami biasanya memiliki rasa yang lebih asam. Biasanya, cokelat bubuk alami sering digunakan untuk membuat beberapa jenis kue yang menggunakan soda kue sebagai salah satu bahannya. Sementara itu, cokelat bubuk yang dibuat menggunakan Dutch process telah diolah menggunakan zat alkali (kalium karbonat atau natrium karbonat) untuk mengurangi keasamannya, mengubah warnanya, dan membuat rasanya menjadi lebih ‘ringan’.

Baca juga: 2 Cara Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman

4 Kegunaan Cokelat Bubuk untuk Kue

kegunaan cokelat bubuk untuk kue

Selain untuk minuman, cokelat bubuk juga memiliki banyak sekali kegunaan pada kue yang bisa Anda manfaatkan. Berikut ini adalah beberapa kegunaan coklat bubuk untuk kue yang perlu Anda ketahui.

1. Bahan Dasar Pembuatan

Beberapa jenis kue, seperti kue cokelat dan brownies, memang menggunakan cokelat bubuk sebagai bahan dasar pembuatannya, bukan cokelat cokelat batangan. Namun, Anda juga dapat menggabungkan cokelat bubuk dan cokelat batangan agar rasa cokelat yang dihasilkan menjadi lebih intens dan kaya.

2. Memperkaya Rasa

Cokelat bubuk murni memiliki 100% kandungan kakao di dalamnya. Jadi, kreasi kue yang Anda buat bisa memiliki rasa cokelat yang lebih kaya dan intens bila menggunakan cokelat bubuk sebagai bahan dasar pembuatannya. Walaupun begitu, Anda perlu menambahkan lebih banyak gula agar rasa kuenya manis karena kebanyakan produk cokelat bubuk tidak memiliki kandungan gula di dalamnya.

3. Sebagai Topping

Selain untuk bahan dasar pembuatan kue, Anda juga dapat menggunakan cokelat bubuk sebagai topping kue. Bahkan, beberapa kue seperti brownies atau kue bolu tertentu biasanya memang akan menaburkan cokelat bubuk di bagian atasnya sebagai topping. Selain itu, cokelat bubuk juga dapat menambah cita rasa dari kue tersebut jika dijadikan sebagai topping.

4. Sebagai Dekorasi

Warna dari cokelat bubuk yang sangat khas dapat dijadikan sebagai dekorasi untuk kue agar tampilannya dapat menjadi lebih cantik, menarik, dan menggugah selera. Anda dapat mengombinasikan beberapa jenis cokelat bubuk dengan warna yang berbeda agar dekorasi kue yang dihasilkan lebih menarik. Sesuaikan lagi saja dengan kreativitas Anda.

Baca juga: Mengenal Kandungan dalam Berbagai Jenis Cokelat

3 Pilihan Cokelat Bubuk Terbaik untuk Kreasi Anda

Apabila Anda membutuhkan cokelat bubuk untuk membuat kue, tetapi bingung memilih produk mana yang bagus. Tenang saja, berikut ini adalah beberapa pilihan cokelat bubuk terbaik untuk kreasi Anda dari KioskCokelat.

1. Tulip Bordeaux Cocoa Powder

tulip bordeaux

Tulip Bordeaux Cocoa Powder adalah produk cokelat bubuk premium yang terbuat dari padatan kakao dengan kualitas terbaik. Warna gelap pekat dari Tulip Bordeaux Cocoa Powder dapat memberikan tampilan cokelat premium yang terlihat lebih elegan jika digunakan sebagai topping atau dekorasi.

Selain itu, Tulip Bordeaux Cocoa Powder memiliki kandungan lemak sebesar 22-24 persen, yang mana dapat memberikan cita rasa cokelat yang sangat kaya. Apabila menggunakan Tulip Bordeaux Cocoa Powder, Anda bisa mendapatkan pengalaman merasakan cokelat yang premium dan intens.

2. Tulip Burgundy Cocoa Powder

tulip burgundy

Tulip Burgundy Cocoa Powder merupakan produk cokelat bubuk premium dari Tulip Chocolate yang terbuat dari biji kakao dengan kualitas terbaik. Tulip Burgundy Cocoa Powder memiliki cita rasa cokelat yang sangat kaya dan intens, serta memiliki  kandungan lemak sebesar 10-12 persen.

Tulip Burgundy Cocoa Powder memiliki warna cokelat kemerahan yang terlihat seperti burgundy wine. Dengan begitu, tampilan makanan atau minuman yang Anda buat dapat terlihat lebih elegan dan menggugah selera. Selain itu, Tulip Burgundy Cocoa Powder juga dapat digunakan untuk membuat saus dipping, frosting, glaze, dan sirup.

Baca juga: 5 Ide Aneka Kue dari Cokelat untuk Bisnis Anda

3. Tulip Noir Cocoa Powder

tulip noir

Tulip Noir Cocoa Powder adalah produk cokelat bubuk premium yang mengandung lemak kakao sebesar 10 hingga 12 persen. Tulip Noir Cocoa Powder memiliki warna hitam pekat yang dapat memberikan warna gelap yang intens serta rasa cokelat yang kuat pada kreasi Anda.

Tulip Noir Cocoa Powder cocok digunakan untuk berbagai macam aplikasi seperti kue, brownies, cookies, es krim, hingga minuman. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat saus dipping, sirup, frosting, dan bahkan glaze.

Ada banyak sekali kan kegunaan coklat bubuk untuk kue? Jika Anda membutuhkan cokelat bubuk untuk membuat berbagai kreasi kue, langsung saja beli produk cokelat bubuk di KioskCokelat. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami di sini!