CASHBACK get store credit* Read more

DELIERY DISCOUNT with min weight of 5kg. Read more

CARTON DISCOUNT up to 3% off. Read more

4 Cara Supaya Cokelat Batangan Tetap Cair Setelah Dilelehkan

cara supaya cokelat batangan tetap cair

Apakah Anda sedang mencari tahu cara supaya coklat batangan tetap cair setelah dilelehkan? Jika iya, Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Terkadang, cokelat yang sudah dilelehkan akan mengeras jika disimpan pada suhu atau bahkan tempat penyimpanan yang salah. Jika sudah begitu, Anda akan kesulitan untuk menggunakan cokelat cair tersebut.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara supaya coklat batangan tetap cair setelah dilelehkan walaupun sudah disimpan dalam kondisi yang lama. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui cara melelehkan cokelat batangan dengan benar terlebih dahulu. Penasaran? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Melelehkan Cokelat Batangan yang Benar

Melelehkan cokelat memang sepintas terlihat tidak begitu sulit. Namun, ada banyak kesalahan yang sering dilakukan sehingga membuat cokelat justru rusak sebelum digunakan. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik cara melelehkan cokelat batangan dengan benar.

1. Menggunakan Au Bain-Marie

Au Bain-marie merupakan salah satu teknik memasak yang sering digunakan untuk melelehkan berbagai macam bahan masakan, terutama cokelat. Biasanya, Anda akan membutuhkan satu buah panci dan satu buah mangkuk dengan ukuran yang lebih besar dari panci tersebut.

Berikut ini adalah cara melelehkan cokelat batangan menggunakan bain-marie dengan benar.

  1. Siapkan panci dan isi dengan air.
  2. Potong cokelat batangan hingga menjadi beberapa bagian yang sangat kecil agar proses pelelehan menjadi lebih cepat.
  3. Ambil mangkuk yang lebih besar ukurannya dari panci, lalu masukkan potongan cokelat ke dalamnya.
  4. Masak air di dalam panci hingga panas.
  5. Letakkan mangkuk berisi cokelat di atas panci yang berisi air panas. Perlu diingat, air di atas panci hanya perlu panas, bukan mendidih.
  6. Untuk mempercepat proses pelelehan, aduk adonan cokelat yang ada di mangkuk selama dipanaskan di atas panci.
  7. Setelah cokelat meleleh, angkat mangkuk tersebut dan usap bagian bawahnya agar tidak ada air yang masuk ke dalam adonan cokelat.

Bagaimana, mudah kan? Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya cokelat batangan akan dapat meleleh dengan sempurna.

Baca juga: Ketahui Cara Melelehkan Coklat Putih dengan Benar

2. Menggunakan Microwave

Selain menggunakan teknik bain-marie, Anda juga dapat melelehkan cokelat batangan menggunakan microwave. Untuk melelehkan cokelat batangan menggunakan microwave, Anda hanya memerlukan mangkuk tahan panas serta, tentu saja, microwave.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melelehkan cokelat batangan menggunakan microwave.

  1. Potong cokelat batangan menjadi beberapa bagian yang sangat kecil agar proses pelelehan dapat lebih cepat.
  2. Simpan potongan cokelat di dalam sebuah mangkuk tahan microwave. Pastikan hanya mengisi cokelat sebesar ⅓ ukuran mangkuk, atau maksimal ½ ukuran mangkuk.
  3. Panaskan cokelat di dalam microwave selama 30 detik. Lalu, cek dan keluarkan adonan cokelat dari microwave.
  4. Setelah dicek, aduk-aduk adonan cokelat tersebut selama masih ada sisa panas dari microwave.
  5. Letakkan kembali adonan cokelat ke dalam microwave selama 30 detik.
  6. Setelah itu, cek dan keluarkan kembali adonan cokelat dari microwave. Lalu, aduk kembali adonan cokelat tersebut.
  7. Jika masih tersisa chocolate chunks, ulangi kembali cara di atas sampai cokelat meleleh dengan sempurna.

Mudah sekali kan proses untuk melelehkan cokelat? Walaupun menggunakan microwave, Anda tetap dapat melelehkan cokelat batangan dengan mudah menggunakan langkah-langkah di atas.

Apabila Anda ingin mendapatkan arahan secara visual mengenai cara melelehkan cokelat batangan, kunjungi video berikut ini:

5 Cara Melelehkan Cokelat A la Bain-marie & Microwave yang Baik dan Benar

Anda dapat menelusuri kanal YouTube tersebut untuk mendapatkan tips dan resep lainnya yang berhubungan dengan cokelat. Dari banyak video di sana, Anda tidak akan kebingungan lagi untuk mengolah cokelat dengan tepat.

4 Cara Supaya Cokelat Batangan Tetap Cair Setelah Dilelehkan

Setelah berhasil melelehkan cokelat batangan, tentu saja Anda harus dapat menjaganya tetap cair agar cokelat tersebut dapat digunakan dengan lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa cara supaya coklat batangan tetap cair setelah dilelehkan yang perlu Anda ketahui.

1. Perhatikan Temperaturnya

Setelah cokelat batangan berhasil dilelehkan, Anda harus menjaga temperaturnya agar cokelat dapat tetap cair. Dilansir dari Livestrong, Anda dapat mempertahankan cokelat leleh agar tetap cair dengan menjaga temperaturnya pada suhu 35 derajat Celcius. Pada suhu tersebut, cokelat tidak akan kembali mengeras. Perhatikan juga suhu ruang kerja saat Anda mengolah cokelat, karena ruangan yang dingin akan mempercepat cokelat menjadi set atau mengeras.


2. Perhatikan Tempat Penyimpanannya

Apabila Anda tidak akan langsung menggunakan cokelat batangan yang sudah leleh, simpan cokelat terlebih dahulu di dalam mangkuk logam atau kaca. Agar cokelat tersebut tidak mudah  mencair, Anda perlu meletakkan mangkuk tersebut di ruangan yang sangat, seperti dapur, atau simpan di atas mangkuk kecil yang berisi air hangat.

Baca juga: Berkenalan dengan Jenis-Jenis Praline yang Lezat

3. Menambahkan Heavy Cream

Menambahkan heavy cream ke dalam cokelat dapat menjaga agar cokelat tersebut tidak kembali mengeras setelah dilelehkan. Untuk melakukannya, Anda dapat memanaskan heavy cream lalu menambahkannya di atas potongan kecil cokelat batangan sebelum dilelehkan. Pastikan untuk mengaduk adonan cokelat tersebut hingga tercampur rata; jika tidak, adonan cokelat tersebut dapat mengeras setelah didinginkan.

4. Menambahkan Minyak

Sama seperti heavy cream, minyak juga dapat mencegah cokelat yang sudah dilelehkan agar tidak mengeras. Selain itu, penambahan minyak juga dapat memberikan konsistensi yang lebih lembut terhadap adonan cokelat. Namun, penambahan minyak hanya bisa dilakukan untuk olahan cokelat seperti coating, cokelat fountain, dan cokelat dipping, dan tidak bisa untuk chocolate batangan dan shell praline. Selain itu, pastikan untuk menggunakan minyak yang tidak memiliki rasa, seperti minyak sayur, agar rasa dari cokelat tidak berubah.

Baca juga: Penggunaan Dark Cokelat Couverture


Pilih Cokelat yang Berkualitas dari KioskCokelat!

Apabila Anda sedang mencari cokelat batangan untuk berbagai keperluan memasak, terutama untuk keperluan bisnis makanan, langsung saja belanja di KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai macam jenis cokelat yang dapat Anda gunakan, mulai dari cokelat Couverture, Compound, hingga dekorasi dan filling. Semoga cara supaya coklat batangan tetap cair setelah dilelehkan yang kami sampaikan di atas dapat berguna bagi Anda, ya!