CASHBACK get store credit* Read more

DELIERY DISCOUNT with min weight of 5kg. Read more

CARTON DISCOUNT up to 3% off. Read more

5 Perbedaan Coklat dan Coklat Hazelnut untuk Olahan Pastry

perbedaan coklat dan coklat hazelnut

Cokelat murni dan cokelat hazelnut, keduanya memberikan dimensi rasa yang unik pada setiap olahan makanan mengandung cokelat. Meskipun keduanya tampak serupa dalam penampilan, namun perbedaan esensial di antara keduanya memberi karakteristik yang berbeda.


Dalam mengeksplorasi perbedaan cokelat dan cokelat hazelnut untuk olahan pastry, kita dapat memahami bagaimana masing-masing bahan ini memberikan kontribusi yang unik pada karya seni kuliner yang kita nikmati.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan keduanya untuk menentukan cokelat mana yang harus Anda gunakan. Langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Perbedaan Coklat dan Coklat Hazelnut

Meskipun keduanya memiliki dasar yang sama dalam bentuk cokelat, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal rasa, tekstur, dan aplikasi dalam pastry. Berikut adalah beberapa perbedaan di antara keduanya:

1. Rasa

Cokelat biasa, terutama jenis cokelat hitam, memiliki rasa yang mendalam, kompleks, dan kaya akan kakao. Rasanya bisa bervariasi dari pahit hingga pahit-manis tergantung pada persentase kakao dan kandungan gula dalamnya. Kekuatan rasa cokelat ini sering kali menjadi karakteristik yang diinginkan dalam pastry, terutama ketika menciptakan kue cokelat. 


Sementara itu, cokelat hazelnut menambahkan dimensi baru pada rasa dengan menyatukan cita rasa cokelat dengan kacang hazelnut yang khas. Kacang hazelnut memberikan sentuhan gurih, renyah, dan sedikit manis yang melengkapi kekayaan rasa cokelat. Ini menciptakan pengalaman rasa yang lebih kompleks dan beragam, terutama cocok untuk pastry yang menggabungkan kacang dan cokelat, seperti brownies atau kue cokelat hazelnut.

2. Tekstur

Cokelat biasa cenderung memberikan tekstur yang lebih halus ketika dicairkan atau diolah. Ini membuatnya menjadi bahan yang ideal untuk membuat ganache, saus cokelat, atau lapisan luar pada berbagai jenis pastry. Di sisi lain, cokelat hazelnut, terutama jika mengandung potongan kacang hazelnut, bisa memberikan sedikit tekstur yang renyah dan berminyak karena kandungan lemak alami dalam kacang. 


Tekstur ini bisa menambah dimensi baru pada pastry, memberikan kontras yang menarik terhadap kelembutan adonan atau krim di dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa kandungan kacang hazelnut juga bisa membuat adonan menjadi sedikit kasar jika tidak diolah dengan benar, sehingga diperlukan penyesuaian dalam resep.

3. Komposisi

Cokelat biasa terdiri dari kakao, lemak kakao, dan gula, dengan variasi tambahan seperti susu dalam cokelat susu. Cokelat hazelnut, di sisi lain, selain bahan dasar cokelat, juga mengandung kacang hazelnut dalam bentuk ekstrak, pasta, atau potongan. 


Ini membuat komposisi cokelat hazelnut menjadi lebih kompleks daripada cokelat biasa, dengan adanya tambahan kandungan lemak dan protein dari kacang hazelnut yang mempengaruhi tekstur dan rasa akhir dari pastry yang dibuat menggunakan cokelat hazelnut.

4. Kesesuaian dalam Pastry

Cokelat biasa sering kali menjadi pilihan utama dalam berbagai jenis pastry, terutama yang mengutamakan rasa cokelat murni. Sedangkan, cokelat hazelnut lebih sering digunakan dalam pastry yang menggabungkan kacang dan cokelat, seperti brownies, kue cokelat hazelnut, atau filling dalam pastry yang memiliki komponen kacang, seperti croissant atau kue kering.


Kombinasi antara rasa cokelat dan kacang hazelnut memberikan dimensi baru pada hidangan, menciptakan pengalaman rasa yang lebih beragam dan kompleks.

5. Aroma

Cokelat biasa cenderung memiliki aroma khas cokelat yang kaya dan mendalam, dengan nuansa kakao yang hangat dan menggoda. Aroma ini sering kali menjadi ciri khas dalam pastry dan mampu menciptakan daya tarik yang kuat bagi para pecinta cokelat. Di sisi lain, cokelat hazelnut menambahkan dimensi baru pada aroma dengan menyatukan aroma khas kacang hazelnut yang gurih dan lembut dengan aroma cokelat yang kaya.

Rekomendasi Cokelat Hazelnut untuk Olahan Pastry

Cokelat hazelnut merupakan bahan yang memikat dalam dunia pastry, menghadirkan sentuhan kaya akan rasa cokelat yang dipadukan dengan aroma gurih khas dari kacang hazelnut.


Saat mencari produk cokelat hazelnut yang berkualitas untuk olahan pastry Anda, penting untuk memilih yang memberikan keseimbangan sempurna antara rasa, tekstur, dan kualitas bahan. Salah satu rekomendasi yang patut dipertimbangkan adalah Tulip Hazel Delight.


Tulip Hazel Delight adalah produk krim cokelat hazelnut yang menawarkan pengalaman rasa yang memuaskan dan tekstur yang lembut. Krim ini dirancang untuk beragam aplikasi dalam pembuatan pastry, mulai dari filling, spreading, hingga coating pada roti dan pastry Anda. 


Produk ini dapat diperoleh dalam kemasan 1kg untuk penggunaan sehari-hari atau untuk keperluan yang lebih kecil, sementara untuk kebutuhan yang lebih besar, tersedia dalam kemasan karton yang berisi 12 unit ukuran 1kg. Selain itu, tersedia juga kemasan ekonomis berukuran 5kg yang cocok untuk industri atau produksi skala besar. 


Dari penjelasan mengenai perbedaan antara cokelat biasa dan cokelat hazelnut di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya menawarkan karakteristik rasa dan tekstur yang unik dalam pembuatan pastry.


Pemahaman mendalam mengenai perbedaan ini memungkinkan Anda untuk memilih bahan yang sesuai dengan resep dan menciptakan hidangan yang memiliki cita rasa dan tekstur yang diinginkan.


Untuk mengeksplorasi lebih lanjut ragam produk cokelat dan cokelat hazelnut berkualitas, serta menemukan bahan baku cokelat terbaik lainnya seperti cokelat compound dan couverture yang premium untuk kreasi pastry Anda, kunjungi Kiosk Cokelat sekarang juga!