CASHBACK get store credit* Read more

DELIERY DISCOUNT with min weight of 5kg. Read more

CARTON DISCOUNT up to 3% off. Read more

5 Cara Membuat Topping Cokelat Putih dan Tip Pengolahannya

topping cokelat putih

Pernahkah Anda tergoda dengan kelembutan dan rasa manis cokelat putih? Cokelat ini sering kali dipandang sebelah mata dibandingkan saudaranya, cokelat biasa. Padahal, cokelat putih memiliki keunikan yang dapat memberikan sentuhan istimewa pada berbagai hidangan. Di balik teksturnya yang creamy dan rasa manisnya yang menggoda, cokelat putih menyimpan segudang manfaat yang tidak kalah menarik, apalagi jika dijadikan topping. Lantas, bagaimana cara membuat topping cokelat putih?


Jangan khawatir jika belum mengetahuinya, karena pada kesempatan kali ini, KioskCokelat akan menunjukkan cara membuatnya dan memberikan tip dalam mengolahnya. Untuk itu, langsung saja simak artikel di bawah ini!

Cara Membuat Topping Cokelat Putih

Membuat topping cokelai putih dapat Anda lakukan dengan mudah melalui cara di bawah ini. Simak dengan saksama!

1. Persiapan Bahan

Langkah pertama adalah menyiapkan Tulip Chocolatier Cokelat Compound Putih untuk dilelehkan. Setelah itu, potong cokelat menjadi potongan kecil untuk membuat cokelat meleleh lebih cepat dan merata saat dipanaskan. Hal tersebut juga akan membantu mencegah terjadinya gumpalan dan memastikan hasil akhir yang halus.

2. Pilih Metode Melelehkan Cokelat

Terdapat dua metode umum yang digunakan untuk melelehkan cokelat putih, yaitu metode double boiler dan microwave. Metode double boiler menggunakan dua panci yang disusun. Satu panci berisi air yang dididihkan, lalu panci selanjutnya diisi potongan cokelat putih. Panas dari air mendidih akan melelehkan cokelat secara perlahan dan merata tanpa membakarnya.


Sedangkan metode dengan menggunakan microwave yakni Anda cukup memanaskan cokelat putih dalam wadah microwave dengan waktu yang singkat.

3. Tambahkan Bahan Tambahan (Opsional)

Jika Anda ingin memberikan tambahan rasa pada topping cokelat putih, Anda dapat menambahkan perasa seperti vanila atau ekstrak almon untuk memberikan aroma tambahan yang lezat. Namun, bahan tambahan ini bersifat opsional dan dapat disesuaikan dengan preferensi Anda.

4. Aduk Hingga Halus

Setelah cokelat putih meleleh dan bahan tambahan tercampur, pastikan untuk mengaduknya hingga mencapai tekstur yang halus. Aduk secara perlahan dan hati-hati untuk memastikan bahwa semua bahan tercampur dengan baik dan tidak ada gumpalan yang tersisa. Hal ini akan memastikan topping memiliki tekstur yang lembut.

5. Gunakan Segera

Setelah cokelat putih meleleh dan mencapai konsistensi yang diinginkan, saatnya untuk mengaplikasikannya pada hidangan. Pastikan untuk bekerja dengan cepat karena cokelat putih dapat mengeras kembali setelah dilelehkan. Tuangkan lelehan cokelat putih ke dalam hidangan dengan hati-hati untuk hasil yang rapi. Anda dapat menggunakan spatula atau sendok untuk menyebarkan cokelat putih dengan merata.


Baca juga: Perbedaan Coklat Putih dan Hitam, Mana Lebih Baik?

Tip dalam Mengolah Topping Cokelat Putih

Meskipun dapat dilakukan dengan mudah, Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam membuat topping cokelat putih agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ikuti beberapa tip di bawah ini untuk mendapatkan topping cokelat putih yang lezat.

1. Pilih Cokelat Putih Berkualitas

Memilih cokelat putih yang berkualitas menjadi langkah penting dalam menghasilkan topping yang lezat. Cokelat putih yang berkualitas memiliki kandungan susu dan mentega kakao yang baik, sehingga memberikan rasa yang kaya dan lembut. Pastikan untuk memeriksa label kualitas cokelat putih dan pilih merek yang tepercaya untuk memastikan hasil akhir yang memuaskan.

2. Potong Cokelat Putih Menjadi Potongan Kecil

Pastikan untuk memotong cokelat putih menjadi potongan kecil sebelum melelehkannya. Langkah ini akan memastikan cokelat meleleh dengan cepat . Selain itu, cara. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengontrol proses meleleh dengan lebih baik, dan menghindari risiko cokelat terlalu gosong.

3. Perhatikan Suhu Saat Melelehkan

Menjaga suhu saat melelehkan cokelat putih sangat penting untuk menghindari kegagalan dalam proses melelehkannya. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan cokelat putih menjadi terlalu encer atau bahkan terbakar, sehingga dapat menghasilkan rasa yang pahit dan tekstur yang tidak diinginkan.

4. Tuangkan Bahan Tambahan Secara Perlahan

Jika ingin menambahkan bahan tambahan, lakukanlah dengan hati-hati dan perlahan. Tambahkan sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk hingga tercampur sempurna. Hal ini akan membantu Anda mencapai konsistensi yang diinginkan tanpa mengubah tekstur atau rasa cokelat putih secara drastis.


Baca juga: Cara Melelehkan Coklat Putih dengan Benar


5 Fakta Unik Cokelat Putih

Setelah mengetahui cara membuat dan tip dalam mengolah topping cokelat putih, berikut lima fakta unik dari cokelat ini yang mungkin belum Anda ketahui. Simak dengan saksama!

1. Bukan Cokelat

Meskipun disebut "cokelat putih," sebenarnya cokelat ini bukanlah cokelat dalam arti sebenarnya. Cokelat putih tidak mengandung cocoa mass seperti halnya cokelat hitam atau cokelat susu, tetapi hanya mengandung cocoa butter (mentega kakao).


Namun demikian, karena mengandung produk turunan kakao, yaitu cocoa butter, cokelat putih masih diklasifikasikan sebagai cokelat. Standar Nasional Indonesia (SNI) pun mengharuskan cokelat putih mengandung tidak kurang dari 20% cocoa butter dan 14% padatan susu.

2. Dapat dengan Mudah Divariasikan

Cokelat putih sering digunakan dalam pembuatan truffle, ganache, dan saus pencelup karena teksturnya yang halus dan rasanya yang creamy. Selain itu, cokelat putih juga populer dalam kombinasi dengan buah-buahan seperti stroberi untuk menghasilkan cita rasa yang seimbang antara manis dan asam

3. Meleleh Lebih Cepat

Karena kandungan susu dan mentega kakao yang tinggi, cokelat putih lebih mudah mengalami perubahan tekstur dan rasa jika disimpan pada suhu yang tidak tepat. Maka dari itu, cokelat putih harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering untuk menjaga kualitasnya.

5. Tidak Mengandung Kafein

Berbeda dengan cokelat hitam, cokelat putih tidak mengandung kafein. Hal ini karena kafein terdapat dalam padatan kakao, dan cokelat putih hanya menggunakan cocoa butter yang merupakan bagian dari biji kakao yang tidak mengandung sedikit pun kafein. Oleh karena itu, cokelat ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang sensitif terhadap kafein atau ingin menghindarinya.


Baca juga: 7 Jenis Cokelat dalam Pastry dan Kue yang Harus Diketahui


Itulah cara membuat topping cokelat putih dengan mudah. Dengan mengetahui cara membuat membuatnya dan tip dalam mengolahnya dengan baik, Anda dapat menciptakan hidangan yang lezat dan menawan dengan sentuhan manis yang istimewa.


Jika Anda mencari cokelat putih yang berkualitas, kunjungi KioskCokelat sekarang. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai varian cokelat berkualitas tinggi yang akan menemani dalam membuat hidangan cokelat yang lezat. Mulai dari cokelat hitam, Tulip Cokelat Compound Putih, hingga topping dan sirup cokelat.


Di KioskCokelat, terdapat berbagai bentuk dan ukuran cokelat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan subsidi ongkir untuk pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia hingga Rp150.000*. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi berbagai pilihan cokelat kami sekarang juga!


*Syarat dan ketentuan berlaku