CASHBACK get store credit* Read more

DELIERY DISCOUNT with min weight of 5kg. Read more

CARTON DISCOUNT up to 3% off. Read more

Perbedaan Coklat Putih dan Hitam, Mana Lebih Baik?

perbedaan coklat putih dan hitam

Apakah Anda pernah bingung ketika memilih antara cokelat putih dan cokelat hitam? Terkadang, dalam kebimbangan di antara kedua pilihan ini, Anda mungkin merasa tidak yakin mana yang sebenarnya lebih baik untuk dipilih. Kehadiran cokelat putih dan hitam seringkali memunculkan pertanyaan dalam pikiran kita: apakah ada perbedaan signifikan di antara keduanya? Bagaimana cara memilih yang terbaik untuk kebutuhan kuliner Anda?


Mari kita jelajahi bersama untuk memahami esensi dari masing-masing jenis cokelat ini dan menemukan solusi terbaik untuk kebingungan Anda.

Apa Itu Cokelat Putih?

apa itu coklat putih

Cokelat putih adalah jenis cokelat yang cukup unik dalam dunia kuliner. Namun, meskipun disebut "cokelat," cokelat putih sebenarnya tidak mengandung cokelat sama sekali. Komposisi utamanya terdiri dari mentega kakao, susu, dan gula. Tidak seperti cokelat hitam yang terbuat dari cokelat cair (cocoa liquor), cokelat putih tidak mengandung bubuk kakao atau padatan kakao. Oleh karena itu, cokelat putih memiliki warna yang cerah dan konsistensi yang lembut serta creamy.


Pada umumnya, cokelat putih memiliki rasa yang manis dan susu dengan sedikit atau bahkan tanpa jejak rasa kakao. Karena dominasi rasa manisnya, cokelat putih sering digunakan sebagai hiasan atau bahan dasar untuk berbagai jenis kue, permen, atau makanan penutup lainnya. Kelembutan teksturnya juga membuat cokelat putih menjadi pilihan yang populer dalam pembuatan ganache, krim, atau saus cokelat.


Meskipun kontroversial dalam dunia cokelat, cokelat putih memiliki tempatnya tersendiri dalam kuliner. Karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, cokelat putih menjadi favorit bagi banyak orang, terutama mereka yang menyukai cita rasa yang lebih ringan dan lembut dalam hidangan pencuci mulut.


Baca juga: Mengenal Kandungan dalam Berbagai Jenis Cokelat

Apa Itu Cokelat Hitam?

apa itu cokelat hitam

Cokelat hitam, yang juga dikenal sebagai cokelat gelap atau cokelat pahit, merupakan salah satu varian cokelat yang paling dikenal di seluruh dunia. Berbeda dengan cokelat putih yang dominan warna cerahnya, cokelat hitam memiliki warna yang lebih gelap dan kaya akan nuansa cokelat.


Cokelat hitam terbuat dari campuran cokelat cair (cocoa liquor), mentega kakao, dan sejumlah kecil gula. Salah satu ciri khas utama cokelat hitam adalah kandungan kakao yang tinggi, yang memberikan rasa kaya, kompleks, dan kadang-kadang sedikit pahit. Makin tinggi persentase kakao dalam cokelat hitam, makin kaya rasa cokelatnya.


Selain itu, cokelat hitam juga dikenal karena teksturnya yang padat dan sedikit kasar di lidah. Meskipun memiliki rasa yang lebih pahit daripada cokelat putih, banyak orang menyukai cokelat hitam karena kompleksitas rasanya dan potensi manfaat kesehatannya.


Cokelat hitam sering digunakan dalam berbagai jenis kue, brownies, truffle, atau kue cokelat lainnya. Di samping itu, cokelat hitam juga sering digunakan dalam pembuatan saus cokelat, ganache, atau berbagai hidangan pencuci mulut lainnya. Kehadirannya yang serbaguna membuat cokelat hitam menjadi favorit di berbagai jenis resep dan kreasi kuliner.


Baca juga: 5 Rekomendasi Coklat untuk Roti Bakar Terenak

Perbedaan Coklat Putih dan Hitam

Ketika berbicara tentang cokelat, sering kali terjadi perdebatan antara cokelat putih dan hitam. Kedua jenis cokelat ini memiliki karakteristik yang unik, mulai dari tekstur hingga rasa yang berbeda.


Mari kita telusuri lebih dalam perbedaan esensial antara cokelat putih dan hitam:

1. Tekstur

Cokelat putih memiliki tekstur yang lembut dan creamy, mirip dengan mentega. Karena tidak mengandung bubuk kakao, cokelat putih cenderung lebih mudah meleleh di dalam mulut dan memberikan sensasi yang halus saat dikonsumsi.


Sebaliknya, cokelat hitam cenderung memiliki tekstur yang lebih padat dan sedikit kasar di lidah. Kandungan tinggi kakao dalam cokelat hitam memberikan kesan yang lebih tebal dan mantap saat dikunyah.

2. Rasa

Rasa cokelat putih umumnya manis dan susu, dengan sedikit atau tanpa jejak rasa kakao. Dominasi rasa manis yang berasal dari susu dan gula membuat cokelat putih menjadi pilihan favorit bagi mereka yang menyukai cokelat dengan cita rasa yang ringan dan lembut.


Di sisi lain, cokelat hitam memiliki rasa yang lebih kompleks, dengan sentuhan pahit yang khas dari kakao. Kandungan kakao yang tinggi memberikan karakteristik rasa yang kaya dan dalam, dengan tingkat manis yang lebih rendah dibandingkan dengan cokelat putih.

3. Komposisi

Perbedaan utama antara kedua jenis cokelat ini terletak pada komposisinya. Cokelat putih terbuat dari campuran mentega kakao, susu, dan gula, tanpa adanya tambahan bubuk kakao.


Sebaliknya, cokelat hitam mengandung cokelat cair, mentega kakao, dan sejumlah kecil gula. Kandungan kakao yang lebih tinggi dalam cokelat hitam memberikan nutrisi tambahan dan potensi manfaat kesehatan yang lebih besar dibandingkan dengan cokelat putih.

4. Aroma

Aroma cokelat putih cenderung lebih lembut dan manis, seringkali memiliki nuansa vanila yang menyenangkan. Aroma yang lembut ini memberikan kesan yang menyegarkan dan mengundang selera untuk mencicipinya.


Sementara itu, aroma cokelat hitam lebih kuat dan kaya akan kakao. Aroma khas ini sering kali menjadi daya tarik bagi para pencinta cokelat yang menghargai kompleksitas rasa dalam setiap gigitannya.

Mana yang Lebih Baik antara Cokelat Putih atau Hitam untuk Pastry?

Ketika datang ke dalam dunia pastry, pertanyaan yang sering muncul adalah, "Cokelat mana yang lebih baik untuk digunakan: cokelat putih atau hitam?" Jawabannya sebenarnya tergantung pada jenis pastry yang ingin dibuat dan preferensi rasa Anda.

Mari kita telusuri lebih dalam mengenai kelebihan masing-masing jenis cokelat ini dalam dunia pastry:

1. Cokelat Putih dalam Pastry

Cokelat putih seringkali menjadi pilihan yang populer dalam pastry karena rasanya yang manis dan lembut, serta teksturnya yang creamy. Cokelat putih dapat digunakan untuk berbagai jenis pastry, mulai dari kue, kue tart, cookies, hingga berbagai macam krim dan ganache.


Kehadiran cokelat putih dapat memberikan sentuhan manis dan kreami yang sempurna pada hidangan pencuci mulut Anda. Selain itu, cokelat putih juga ideal untuk dijadikan hiasan atau lapisan pada pastry karena warnanya yang cerah dan menarik.


Baca juga: 2 Cara Membuat Pasta Coklat Sendiri

2. Cokelat Hitam dalam Pastry

Di sisi lain, cokelat hitam sering dipilih untuk pastry yang membutuhkan rasa cokelat yang lebih kaya dan kompleks. Kandungan kakao yang tinggi dalam cokelat hitam memberikan karakteristik rasa yang mendalam dan penuh, yang sempurna untuk kue cokelat, brownies, truffle, atau berbagai macam saus cokelat.


Cokelat hitam juga sering digunakan dalam pastry karena potensi manfaat kesehatannya yang lebih besar dibandingkan dengan cokelat putih, terutama karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam kakao.


Dalam menentukan cokelat mana yang lebih baik untuk digunakan dalam pastry, tidak ada jawaban yang benar-benar salah atau benar. Semuanya kembali pada jenis pastry yang ingin Anda buat.


Cokelat putih cocok untuk mereka yang menyukai rasa manis dan lembut, sementara cokelat hitam lebih cocok untuk yang menginginkan rasa cokelat yang lebih kaya dan mendalam. Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis cokelat ini, Anda dapat membuat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kuliner. Penting juga bagi Anda untuk memilih bahan cokelat terbaik agar hasil pastry yang dibuat lebih premium, mulai dari rasa, tekstur, hingga aromanya.


Jadi, jika Anda ingin membuat pastry yang berkualitas dengan bahan utama cokelat putih, kami merekomendasikan  Embassy Zen Cokelat Putih  sebagai pilihan terbaik. Embassy Zen White Chocolate 33% adalah cokelat putih premium yang memiliki kandungan lemak sebesar 41%, memberikan hasil yang lembut dan creamy pada setiap sajian Anda.


Dengan kualitasnya yang unggul, produk ini cocok digunakan untuk berbagai aplikasi baking maupun cooking, mulai dari molding, ganache, dipping, hingga enrobing untuk pastry, cake, roti, cookie, dessert, dan saus cokelat.


Dibuat dengan menggunakan ekstrak vanilla alami, Embassy Zen Cokelat Putih tidak hanya memberikan rasa yang lezat, tetapi juga menonjolkan cita rasa asli produk Indonesia. Dengan menggunakan produk ini, Anda tidak hanya mendapatkan hasil pastry dengan kualitas tinggi, tetapi juga mendukung produk lokal yang bangga akan keaslian dan keunggulannya.


Pastikan Anda memilih bahan-bahan terbaik untuk hasil pastry dengan kualitas premium. Untuk mengeksplorasi lebih lanjut ragam produk cokelat, serta menemukan bahan baku cokelat terbaik lainnya seperti cokelat  compound  dan  couverture  yang premium untuk kreasi pastry Anda, kunjungi  KioskCokelat  sekarang juga!