cokelat coating pada kue

Ketahui Apa Itu Coklat Coating

Apakah Anda belum mengetahui apa itu coklat coating? Istilah cokelat coating memang dapat mengacu kepada dua hal. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di sini!

Apakah Anda belum mengetahui apa itu coklat coating? Istilah cokelat coating memang dapat mengacu kepada dua hal, yaitu jenis dari cokelat dan salah satu proses memasak yang menggunakan cokelat. Jika tidak ingin kebingungan lagi, maka Anda sudah datang ke tempat yang tepat karena kami akan menjelaskannya.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu coklat coating secara lebih dalam, baik itu yang merupakan jenis cokelat maupun proses memasak yang menggunakan cokelat. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui mengenai kegunaan cokelat coating dan tips menggunakannya. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Coklat Coating?

apa itu cokelat coating

Cokelat coating adalah salah satu jenis cokelat yang biasanya digunakan untuk melapisi kreasi makanan seperti cake, donat, cookies, dan produk bakery atau pastry lainnya. Cokelat coating sendiri dapat dibuat dari bahan cokelat compound maupun cokelat couverture, Anda dapat menyesuaikannya dengan bahan yang dimiliki atau preferensi masing-masing.

Selain membuatnya sendiri, Anda juga dapat menemukan beberapa produk cokelat coating yang dapat langsung digunakan. Biasanya, produk tersebut akan berbentuk seperti pasta atau krim, dan terkadang sudah dalam bentuk ganache yang sudah siap pakai.

Ganache sendiri merupakan bahan yang sempurna sebagai finishing pada kue karena memiliki hasil akhir yang halus, baik ketika menggunakannya apa adanya atau menambahkan fondant di atasnya. Ganache memang merupakan bahan yang sangat sempurna untuk dijadikan sebagai cokelat coating untuk berbagai kreasi bakery atau pastry Anda.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Keunggulan Cokelat Compound

Perbedaan Cokelat Coating dan Glaze

Walaupun sama-sama merupakan sebuah lapisan pada produk bakery atau pastry, tetapi coating dan glaze merupakan dua jenis pengaplikasian yang berbeda. Umumnya, glaze adalah lapisan tipis yang dapat Anda temui di permukaan bagian atas produk bakery atau pastry seperti pada donat.

Di sisi lain, coating adalah lapisan yang menutupi seluruh bagian dari produk bakery atau pastry. Biasanya, Anda perlu melakukan coating terlebih dahulu sebelum melakukan dekorasi pada kue atau makanan sejenisnya.

2 Tips Menggunakan Cokelat Coating pada Kreasi Anda

tips menggunakan cokelat coating

Ada banyak sekali hal yang dapat Anda lakukan dengan cokelat coating. Tidak heran jika memang jenis cokelat ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan di dalam industri makanan. Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan cokelat coating pada kreasi Anda.

1. Lelehkan Menggunakan Metode Au Bain-Marie

Ketika melelehkan cokelat coating, akan lebih baik jika menggunakan metode au bain-marie atau double boiler karena Anda dapat lebih mengatur temperaturnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu bolak balik mengeceknya dan memasukkannya kembali seperti ketika menggunakan microwave.

2. Gunakan Pada Suhu 35 Derajat Celcius

Ketika melelehkan cokelat, kemungkinan besar suhu cokelat tersebut akan mencapai 40 derajat Celcius. Nah, sebelum menggunakannya sebagai coating, Anda harus menurunkan suhunya dulu hingga mencapai 35 derajat Celcius. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah menggunakannya dan tidak akan cepat meleleh.

Baca juga: Jenis-Jenis Coklat Dalam Pastry

Rekomendasi Produk Cokelat Coating

Selain membuat cokelat coating sendiri, Anda juga dapat menemukan banyak produk cokelat yang sudah dapat langsung digunakan sebagai bahan untuk coating. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi cokelat coating dengan kualitas terbaik dari KioskCokelat.

1. Tulip Chocolate Coating

Tulip Chocolate Coating

Tulip Chocolate Coating adalah produk cokelat compound spesial bagi Anda yang tengah mencari produk berbentuk pasta. Anda dapat menggunakan Tulip Chocolate Coating sebagai coating untuk berbagai macam produk bakery dan pastry, seperti kue, donat, dan roti.

Tulip Chocolate Coating tidak mudah retak ketika dipotong sehingga dapat menjaga tampilan kreasi Anda tetap utuh dan cantik. Tulip Coating Chocolate juga menawarkan cita rasa cokelat hitam yang sangat lezat dan intens dengan aroma yang memikat.

2. Tulip Hazel Delight

Tulip Hazel Delight

Tulip Hazel Delight adalah produk krim cokelat hazelnut halus yang dapat digunakan sebagai sebagai coating untuk berbagai kreasi bakery dan pastry Anda, seperti untuk kue, roti, dan donat. Selain untuk coating, Anda juga dapat menggunakan Tulip Hazel Delight sebagai filling atau spread.

3. Tulip Chocolate Cream

Tulip Chocolate Cream

Tulip Chocolate Cream adalah produk ganache yang sudah siap pakai. Anda dapat mencampurkannya dengan resep krim mentega atau krim kue sesuai keinginan, atau langsung digunakan sebagaimana adanya, baik itu sebagai coating atau aplikasi lainnya pada kreasi bakery dan pastry yang Anda buat.

4. Tulip Black Velvet

Tulip Black Velvet

Tulip Black Velvet merupakan produk terobosan dari Tulip Chocolate. Tulip Black Velvet hadir dengan warna yang lebih kaya, lebih dalam, dan memiliki tekstur yang lembut, dan dibuat menggunakan teknik pengembangan flush chocolate (coating) terbaru. Tulip Black Velvet memiliki kemampuan yang sempurna untuk meleleh dengan sangat mudah dan sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai coating untuk kreasi pastry yang Anda buat.

Baca juga: 9 Jenis Coklat dan Fungsinya

Dapatkan Cokelat dengan Kualitas Terbaik dari KioskCokelat

Apabila Anda sedang mencari produk cokelat, seperti cokelat coating atau jenis cokelat lainnya, untuk kebutuhan bisnis makanan, langsung saja belanja di KioskCokelat. Kami menyediakan banyak sekali produk cokelat yang dapat Anda temukan, baik itu produk yang terbuat dari cokelat compound maupun cokelat couverture.

KioskCokelat merupakan salah satu merek dari PT Freyabadi Indotama yang telah memiliki pengalaman membuat cokelat dan melayani banyak sekali bisnis makanan selama 25 tahun. Konsumen kami sudah tersebar di berbagai negara di wilayah Asia Pasifik, Timur Tengah, dan bahkan Afrika. Kunjungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami tawarkan.