2 Cara Pembuatan Cokelat Praline dan Resepnya

2 Cara Pembuatan Cokelat Praline dan Resepnya

Apabila Anda menyukai cokelat praline, maka sebaiknya Anda mempelajari bagaimana cara pembuatan cokelat praline. Penasaran bagaimana caranya? Simak selengkapnya di sini!

Anda perlu mempelajari bagaimana cara pembuatan coklat praline untuk membuat kreasi hidangan bisnis yang menarik. Camilan cokelat yang satu ini memang memiliki rasa yang sangat nikmat. Apalagi, isian dari praline yang beragam selalu dapat berpadu secara nikmat dengan cokelat.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara pembuatan coklat praline yang mudah dan memiliki rasa yang sangat nikmat a la KioskCokelat. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda mempelajari mengenai apa itu cokelat praline terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Cokelat Praline?

cokelat praline

Cokelat praline merupakan camilan atau permen cokelat yang berasal dari Belgia; camilan ini juga sering dikenal dengan nama chocolate bon bon. Biasanya, cokelat praline memiliki bentuk yang bulat dan memiliki isian di dalamnya, biasanya pasta cokelat, bubuk kacang, pasta kacang, karamel, atau bahkan kopi.

Kata dari “praline” sendiri dapat mengacu ke setidaknya dua jenis makanan, yaitu permen cokelat (cokelat praline dari Belgia) atau manisan kacang (praline asal Prancis atau pecan praline asal Amerika Serikat). Berbeda dengan cokelat praline asal Belgia yang merupakan camilan cokelat, praline Prancis dan pecan hanya merupakan kacang almond atau kacang pecan yang dilapisi dengan karamel.

Cokelat praline sendiri sering disamakan dengan cokelat truffle, tetapi kedua jenis hidangan tersebut sebenarnya berbeda. Cokelat praline dan cokelat truffle memang sama-sama merupakan camilan cokelat yang berbentuk bulat, tetapi tekstur dan isian dari kedua camilan tersebut berbeda.

Baca Juga: Berbagai Bahan Pengisi Cokelat Praline yang Baik

Perbedaan Cokelat Praline dan Cokelat Truffle

perbedaan praline dan truffle

Cokelat praline adalah permen cokelat yang dapat sepenuhnya dibuat menggunakan cokelat, tanpa memerlukan bahan lain. Sementara itu, cokelat truffle adalah permen cokelat yang terbuat dari campuran cokelat, mentega, krim, gula, serta perasa seperti buah-buahan atau minuman keras (wine, whisky, dan lain sebagainya).

Biasanya, cokelat praline akan memiliki tekstur bagian luar yang lebih keras karena memang bagian shell dari cokelat praline akan dibekukan (bersama dengan isiannya juga). Di sisi lain, cokelat truffle memiliki tekstur yang lebih lembut, dan bahkan akan meleleh ketika sudah dimasukkan ke mulut. Terkadang, cokelat truffle juga akan ditaburi dengan bubuk kakao di bagian luarnya.

Walaupun sama-sama memiliki isian, tetapi cokelat praline memiliki lebih banyak varian isian. Anda dapat menggunakan pasta cokelat, pasta kacang, bubuk kacang, karamel, kopi, atau bahkan buah-buahan sebagai isian dari cokelat praline. Sedangkan cokelat truffle biasanya hanya akan menggunakan pasta cokelat atau cokelat leleh sebagai isiannya.

Baca juga: Penggunaan Dark Cokelat Couverture

2 Cara Pembuatan Cokelat Praline

pembuatan praline

Cokelat praline memang merupakan permen cokelat dengan rasa yang sangat nikmat dan lezat. Ditambah, isian dari cokelat praline yang dapat beragam, membuat Anda tidak akan bosan dengan permen cokelat yang satu ini. Jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri, berikut ini adalah beberapa resep atau cara pembuatan coklat praline a la KioskCokelat.

1. Hazelnut Praline

Cokelat praline yang satu ini memiliki isian kacang hazel yang sangat nikmat. Perpaduan antara cokelat dan kacang hazel dapat membuat lidah Anda termanjakan. Untuk membuat hazelnut praline, pertama Anda harus mempersiapkan bahan-bahan di bawah ini:

Apabila seluruh bahan-bahan sudah disiapkan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat hazelnut praline a la KioskCokelat:

  1. Lelehkan Tulip Dark Compound Chocolate menggunakan teknik bain-marie atau double boiler. Jika tidak bisa, Anda juga dapat menggunakan microwave.
  2. Ketika cokelat sudah meleleh secara menyeluruh, seharusnya suhu dari adonan cokelat berada pada titik 45 hingga 50 derajat Celcius. Suhu tersebut harus diturunkan ke 35 derajat Celcius agar cokelat dapat digunakan untuk membuat shell dari praline. Anda bisa mengaduk-aduk adonan cokelat selama beberapa saat untuk menurunkan suhunya.
  3. Setelah suhu adonan cokelat sudah sesuai, buat shell menggunakan silicon mould.
  4. Setelah shell berhasil dibuat, isi shell tersebut dengan Tulip Hazel Delight.
  5. Biarkan filling selama beberapa saat hingga mengeras, setelah itu tutup lagi shell menggunakan adonan cokelat yang sudah dibuat sebelumnya.
  6. Masukkan cokelat praline ke dalam kulkas, dan biarkan dingin selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  7. Setelah dikeluarkan dari kulkas, biarkan selama 3 hingga 4 menit sebelum cokelat praline dilepaskan dari silicon mould.

Apabila Anda membuatnya di ruangan dengan pendingin udara, pastikan untuk menghangatkan silicon mould hingga suhu 25 sampai 30 derajat Celcius agar adonan cokelat tidak mudah mengeras. Sebaliknya, jika Anda membuat di ruangan yang tidak memiliki pendingin udara, dinginkan silicon mould di dalam kulkas selama kurang lebih 5 menit.

2. Hazelnut Pipe Praline

Hampir mirip dengan hazelnut praline, bedanya hazelnut pipe praline menggunakan cokelat susu untuk shell serta memiliki isian yang lebih creamy dan kaya rasanya. Untuk membuatnya, pertama-tama Anda harus mempersiapkan bahan-bahan di bawah ini terlebih dahulu:

Apabila seluruh bahan sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat hazelnut pipe praline:

  1. Untuk base:
    1. Lelehkan Tulip Milk Compound Chocolate hingga suhunya mencapai 37 derajat Celcius.
    2. Buat base dari adonan cokelat dengan bentuk bulat menggunakan silicon mould.
  2. Untuk hazelnut butter cream:
    1. Kocok mentega hingga lembut menggunakan beater.
    2. Tambahkan Tulip Hazel Delight dan kocok lagi sampai tercampur rata dan lembut menggunakan beater.
    3. Aduk adonan filling hingga mengembang menggunakan whisk.
  3. Proses assemble:
    1. Pipe sedikit adonan cokelat ke bagian base dan tempelkan kacang hazelnut.
    2. Pipe hazelnut butter cream menggunakan nozzle untuk menutupi kacang hazelnut.
    3. Dinginkan cokelat praline dalam kulkas selama kurang lebih selama 15 menit.
    4. Celupkan cokelat praline ke dalam adonan cokelat.
    5. Drizzle dengan Tulip Milk Compound Chocolate dan Tulip White Chocolate Compound Chips.

Setelah berhasil dibuat, pastikan untuk menyimpan hazelnut pipe praline menggunakan wadah atau stoples yang kedap udara agar lebih awet.

Apabila Anda ingin langsung mempraktikkan cara pembuatan coklat praline di atas, langsung saja berbelanja di KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai macam produk cokelat lain yang dapat Anda temukan. Yuk, buat kreasi hidangan yang enak menggunakan produk kami!