2 Kreasi Coklat Praline untuk Pilihan Hadiah Pelanggan

2 Kreasi Coklat Praline untuk Pilihan Hadiah Pelanggan

Ada banyak sekali kreasi cokelat praline yang bisa Anda coba, dari mulai yang klasik khas Eropa hingga modern khas Amerika Serikat. Praline sendiri adalah sebuah manisan yang biasanya mengandung kacang-kacangan, biasanya almond, pecan, maupun hazelnut, serta gula.
Cara Membuat Cookies Cokelat Sebagai Menu Kafe Reading 2 Kreasi Coklat Praline untuk Pilihan Hadiah Pelanggan 5 minutes Next Cara Membuat Glaze Topping Donat yang Mengilap

Ada banyak sekali kreasi cokelat praline yang bisa Anda coba, dari mulai yang klasik khas Eropa hingga modern khas Amerika Serikat. Praline sendiri adalah sebuah manisan yang biasanya mengandung kacang-kacangan, biasanya almond, pecan, maupun hazelnut, serta gula.

Praline sendiri terkadang sering disamakan dengan truffle, tetapi sebenarnya kedua hal tersebut adalah jenis manisan yang benar-benar berbeda. Perbedaan dari praline dan truffle memang sulit dilihat, tetapi ketika dirasakan Anda akan benar-benar mengetahui perbedaannya.

Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Praline?

cokelat praline

Dalam istilah semantik dalam bahasa Prancis, praline mengacu pada manisan kacang yang dilapisi dengan gula karamel. Di Belgia, "praline" didefinisikan sebagai permen cokelat dengan isian. Istilah "praline" sendiri memang berasal dari Belgia. Namun di Prancis, apa yang orang Belgia sebut dengan praline, biasanya disebut dengan "crotte de chocolat".

Praline Prancis biasanya memiliki cita rasa kacang yang sangat menonjol. Kacang yang terdapat pada praline sendiri bisa dari jenis kacang apapun, walaupun biasanya kacang yang digunakan adalah jenis almond dan hazelnut. Sedangkan Praline Belgia lebih kental akan rasa cokelat, karena memang kacangnya hanya sebagai isian saja.

Resep praline mulai berubah sejak tahun 1700-an ketika orang-orang Eropa berpindah ke Amerika Serikat, terutama ke New Orleans. Salah seorang wanita asal New Orleans lalu menggunakan pecan dan menambahkan krim ke dalam campuran praline agar menghasilkan tekstur yang lebih empuk. Manisan ini selanjutnya lebih sering disebut permen pecan, bukan praline.

Baca juga: 3 Inspirasi Bentuk Cokelat Valentine yang Cantik dan Menarik

Perbedaan Praline dan Truffle

praline vs truffle

Truffle adalah manisan cokelat yang terbuat dari campuran cokelat, mentega, krim, dan gula, serta biasanya memiliki perasa atau bahan isian seperti buah-buahan maupun minuman keras (wine, whisky, dan sebagainya). Truffle juga biasanya dilapisi dengan cokelat bubuk dan bukannya lelehan cokelat batang.

Perbedaan utama dari praline dan truffle adalah bahan utama dari praline adalah kacang, sedangkan bahan utama dari truffle adalah cokelat. Beberapa jenis praline bahkan ada yang tidak membutuhkan cokelat sama sekali. Praline yang menggunakan cokelat pun biasanya tetap memiliki rasa kacang yang cukup kuat.

Secara tekstur, praline dapat bervariasi dari yang renyah hingga yang cukup halus, sedangkan truffle cenderung memiliki tekstur yang meleleh, seperti satin, setelah menyentuh lidah Anda.

Baca juga: Berkenalan dengan Jenis-Jenis Praline yang Lezat

2 Resep Cokelat Praline dan Variasinya

Seiring berkembangnya zaman, resep makanan tradisional pun ikut berubah, termasuk resep dari praline. Awalnya praline memang tidak mengandung cokelat, tetapi karena kepopuleran dan kesukaan orang-orang terhadap cokelat, praline yang dicampur dengan cokelat pun tercipta.

Berikut ini adalah beberapa kreasi cokelat praline yang dapat Anda coba:

Praline Chocolate Chip Cookies

Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:

  • 150 gr choco chips
  • 100 gr krim cokelat
  • 100 gr mentega
  • 100 gr gula pasir
  • 250 gr tepung serbaguna
  • 1 butir telur
  • 1 sdt vanilla extract
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt soda kue

Cara membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 160° C
  2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, soda kue, dan choco chips hitam ke dalam wadah besar dan aduk hingga rata.
  3. Ambil wadah mixer dan masukkan mentega, krim cokelat, gula, telur, dan vanilla extract ke dalamnya kemudian kocok hingga adonan mengembang.
  4. Campurkan adonan ke dalam wadah yang berisi campuran tepung terigu secara perlahan (sendok satu per satu).
  5. Aduk adonan hingga merata dengan menggunakan spatula.
  6. Ambil loyang yang sudah dilapisi dengan kertas, kemudian cetak adonan kue dengan menggunakan sendok kecil dan berikan jarak antar kue agar tidak menempel satu sama lain ketika dipanggang.
  7. Panggang selama kurang lebih 10 - 15 menit kemudian angkat dan dinginkan.

    Setelah dingin, simpan praline di wadah atau toples yang kedap udara agar lebih awet.

    Baca juga: Mengapa Hari Valentine Identik dengan Cokelat?

    Chocolate Praline Log

    Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:

    • 450 gr cokelat, untuk coating
    • 450 gr cokelat, untuk filling
    • 250 gr tepung maizena
    • Cetakan log
    • 1 lembar silicon texture sesuai dengan panjang cetakan log

    Cara membuat:

    1. Lelehkan cokelat (untuk coating) dengan menggunakan microwave lalu aduk hingga meleleh dengan sempurna.
    2. Masukkan tepung maizena ke dalam lelehan cokelat dan aduk hingga rata.
    3. Siapkan cetakan log yang sudah dilapisi lembar silicon texture kemudian tuang adonan cokelat (untuk coating). Setelah seluruh cetakan terlapisi, tiriskan sisa cairan adonan cokelat kemudian masukkan cetakan ke dalam lemari es selama 1 jam.
    4. Saat adonan untuk coating telah mengeras, Anda bisa mengulangi langkah sebelumnya untuk coating yang lebih tebal, lalu lepaskan cokelat log dari cetakan.
    5. Isi bagian dalam cokelat log dengan cokelat (untuk filling) kemudian dinginkan kembali di dalam lemari es sebelum dinikmati.
    6. Anda bisa menambahkan topping seperti chocolate chips, buah-buahan, dan juga kacang-kacangan. Sesuaikan dengan selera.

      Baca juga: 9 Jenis Coklat dan Fungsinya

      Dapatkan Cokelat Berkualitas Tinggi Untuk Bisnis Anda dari KioskCokelat

      Jika Anda ingin mendapatkan cokelat berkualitas tinggi untuk bisnis makanan Anda, coba kunjungi KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai produk cokelat untuk bisnis makanan Anda, mulai dari Cokelat Compound, Cokelat Filling, Cokelat Couverture, dan masih banyak jenis cokelat lainnya.

      Selain menyediakan cokelat dengan kualitas tinggi, kami juga menyediakan layanan yang luar biasa untuk membantu Anda mengembangkan bisnis makanan yang sedang dijalani. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk kami, Anda dapat klik di sini.

      Semoga penjelasan mengenai apa itu praline, perbedaan praline dan truffle, serta kreasi cokelat praline yang kami sampaikan mudah dimengerti dan dapat membantu Anda, ya!