CASHBACK get store credit* Read more

DELIERY DISCOUNT with min weight of 5kg. Read more

CARTON DISCOUNT up to 3% off. Read more

4 Perbedaan Cokelat Susu dan Cream, Mana Lebih Cocok untuk Kue?

 perbedaan cokelat susu dan cream

Ketika Anda memasuki dunia baking, memilih bahan yang tepat adalah salah satu kunci untuk menghasilkan kue yang sempurna. Dua bahan yang sering menjadi perdebatan adalah cokelat susu dan cream. Kedua bahan ini memiliki karakteristik yang berbeda yang dapat memengaruhi hasil akhir dari kue Anda.


Penting untuk memahami perbedaan cokelat susu dan cream ini, sebab, memilih bahan yang salah bisa membuat kue Anda tidak sesuai harapan. Tekstur yang kurang pas, rasa yang tidak seimbang, atau aroma yang kurang menggoda bisa menjadi masalah besar bagi hasil akhir baking Anda.


Oleh karena itu dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail perbedaan cokelat susu dan cream. Dengan memahami karakteristik masing-masing, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan menghasilkan kue yang lezat dan sempurna.

Apa Itu Cokelat Susu?

Cokelat susu adalah jenis cokelat yang dibuat dengan mencampurkan cokelat likur, mentega kakao, gula, dan padatan susu. Biasanya, cokelat susu juga mengandung vanilla dan lesitin sebagai tambahan untuk meningkatkan rasa dan tekstur. 


Cokelat susu memiliki warna yang lebih terang, rasa yang lebih manis, dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan cokelat hitam. Karena kandungan gula dan lemaknya yang lebih tinggi, cokelat susu memberikan rasa manis dan creamy yang khas.


Baca juga: 4 Jenis Cokelat untuk Membuat Praline

Apa Itu Cokelat Cream?

Cokelat cream, juga dikenal sebagai ganache, adalah campuran dari cokelat dan krim yang dipanaskan bersama untuk membentuk emulsi yang halus dan lembut. Ganache biasanya dibuat dengan mencampurkan krim panas ke dalam cokelat cincang, kemudian diaduk hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. 


Tergantung pada rasio cokelat dan krim, ganache dapat digunakan sebagai isian, frosting, atau glaze. Ganache juga bisa ditambahkan dengan perasa tambahan seperti vanilla, rum, atau liqueur untuk memberikan variasi rasa.


Baca juga: Cara Membuat Cokelat Ganache: 2 Metode Anti-Gagal!

Perbedaan Cokelat Susu dan Cream

Saat Anda memutuskan untuk membuat kue, memilih antara cokelat susu dan cream bisa menjadi dilema. Meskipun keduanya berbahan dasar cokelat, mereka memiliki karakteristik yang sangat berbeda yang dapat memengaruhi hasil akhir dari kue Anda. 

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap dan detail mengenai perbedaan cokelat susu dan cream.

1. Rasa

Cokelat susu dikenal dengan rasa manis dan creamy yang khas. Kandungan gula yang tinggi serta adanya padatan susu memberikan rasa yang lebih lembut dan tidak terlalu kuat. Ini membuat cokelat susu sangat disukai oleh anak-anak dan cocok untuk kue yang memerlukan rasa manis yang lebih ringan.


Sementara itu, ganache memiliki rasa cokelat yang lebih kaya dan intens. Karena menggunakan cokelat murni yang dicampur dengan krim, ganache memberikan rasa yang lebih mendalam. Terutama jika dibuat dengan cokelat hitam, ganache bisa memberikan rasa pahit yang seimbang dengan manisnya krim, menciptakan profil rasa yang lebih kompleks.

2. Tekstur

Tekstur cokelat susu lebih lembut dan meleleh di mulut dengan cepat. Ini disebabkan oleh kandungan mentega kakao yang tinggi serta gula dan susu yang membuatnya lebih ringan. Tekstur yang lembut ini membuat cokelat susu mudah dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai tambahan dalam kue yang tidak memerlukan struktur kuat.


Berbeda dengan halnya dengan tekstur ganache sangat bervariasi tergantung pada rasio cokelat dan krim. Ganache bisa sangat lembut dan cair jika digunakan sebagai glaze, atau lebih kental dan fudgy jika digunakan sebagai isian atau frosting. Saat didinginkan, ganache bisa mengeras tetapi tetap lembut saat digigit, memberikan sensasi yang mewah di mulut.

3. Aroma

Aroma cokelat susu cenderung lebih ringan dan manis. Keharuman susu dan gula mendominasi, membuatnya sangat menyenangkan dan menarik bagi banyak orang, terutama anak-anak. Aroma ini sering kali tidak terlalu intens sehingga cocok untuk berbagai jenis kue yang tidak memerlukan aroma kuat.


Sementara itu, aroma ganache dikenal lebih pekat dan kaya daripada cokelat susu. Karena menggunakan cokelat murni, aroma kakao yang kuat sangat terasa, terutama jika menggunakan cokelat dengan persentase kakao yang tinggi. Ganache juga bisa dikombinasikan dengan berbagai perasa seperti vanilla, rum, atau kopi untuk memberikan aroma tambahan yang unik dan menggoda.

4. Komposisi

Komposisi cokelat susu terdiri dari cokelat likur, mentega kakao, gula, dan padatan susu. Bahan tambahan seperti vanilla dan lesitin juga sering digunakan untuk meningkatkan rasa dan tekstur. Kandungan gula dan susu yang tinggi membuatnya lebih manis dan lembut dibandingkan dengan jenis cokelat lainnya.


Berbeda dengan cokelat susu, ganache terbuat dari campuran cokelat dan krim yang dipanaskan bersama. Rasio cokelat dan krim dapat disesuaikan tergantung pada kegunaan ganache, apakah untuk glaze, isian, atau frosting.


Bahan tambahan seperti mentega atau sirup jagung sering ditambahkan untuk memberikan tekstur yang lebih halus dan mengkilap. Ganache biasanya dibuat dengan cokelat hitam, tetapi bisa juga menggunakan cokelat susu atau putih tergantung pada kebutuhan resep.


Baca juga: Apa Perbedaan Ganache dan Glaze untuk Dekorasi Kue?

Cokelat Susu dan Cream, Mana Lebih Cocok untuk Kue?

Memilih antara cokelat susu dan cream bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pembuat kue. Kedua bahan ini memiliki karakteristik unik yang dapat memengaruhi rasa, tekstur, dan keseluruhan hasil akhir dari kue. 

Mari kita telaah mana yang lebih cocok untuk kue Anda:

Keunggulan Menggunakan Cokelat Susu untuk Kue

Keunggulan dari cokelat susu untuk kue antara lain:

1. Rasa Manis dan Creamy

Cokelat susu memberikan rasa yang lebih manis dan creamy, cocok untuk kue-kue yang ingin menonjolkan rasa manis yang lembut. Ini membuatnya ideal untuk brownies, cookies, dan cupcakes yang memerlukan rasa manis yang tidak terlalu kuat.

2. Tekstur Lembut

Karena teksturnya yang lembut dan mudah meleleh, cokelat susu bisa menjadi pilihan tepat untuk adonan kue yang ingin menghasilkan tekstur yang lebih moist dan lembut.

3. Aroma Ringan

Aroma cokelat susu yang tidak terlalu kuat dapat melengkapi bahan-bahan lain dalam kue tanpa mendominasi.

Kekurangan Menggunakan Cokelat Susu untuk Kue

Kekurangan dari cokelat susu untuk kue antara lain:

1. Kandungan Gula Tinggi

Kandungan gula yang tinggi bisa menjadi masalah jika Anda ingin mengurangi kadar manis dalam kue.

2. Kurang Kaya Rasa Cokelat

Bagi yang menginginkan rasa cokelat yang lebih intens, cokelat susu mungkin terasa kurang memuaskan.

Baca juga: 5 Kegunaan Cokelat Putih dalam Dunia Kuliner

Keunggulan menggunakan cokelat cream (Ganache) untuk kue

Keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari cokelat cream dalam pembuatan kue antara lain:

1. Rasa Cokelat yang Kaya

Ganache memberikan rasa cokelat yang lebih kaya dan intens, terutama jika menggunakan cokelat hitam dengan persentase kakao yang tinggi. Ini sangat cocok untuk kue yang ingin menonjolkan rasa cokelat yang dalam, seperti chocolate cake atau tart.

2. Tekstur Serbaguna

Ganache bisa disesuaikan teksturnya dengan mengubah rasio cokelat dan krim. Ini membuatnya sangat serbaguna, bisa digunakan sebagai isian, frosting, atau glaze. Ganache juga bisa dikocok untuk menghasilkan tekstur yang lebih ringan dan airy.

3. Aroma Cokelat yang Kuat

Aroma yang kaya dari ganache bisa menambah kedalaman rasa pada kue, membuatnya lebih menggoda dan lezat.

Kekurangan menggunakan cokelat cream dalam kue

Meskipun cokelat cream memiliki rasa yang lebih kaya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk memilih cokelat cream sebagai bahan utama kue, yaitu:

1. Proses Pembuatan yang Lebih Rumit

Membuat ganache memerlukan teknik dan perhatian lebih dibandingkan dengan cokelat susu yang bisa langsung digunakan. Anda perlu memastikan suhu dan proses pencampuran yang tepat untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

2. Kandungan Lemak Lebih Tinggi

Ganache biasanya mengandung lebih banyak lemak karena penggunaan krim, yang bisa memengaruhi tekstur akhir kue jika tidak digunakan dengan benar.


Pemilihan antara cokelat susu dan ganache tergantung pada jenis kue yang Anda buat dan hasil akhir yang diinginkan.


Cokelat Susu lebih cocok untuk kue yang memerlukan rasa manis dan creamy yang ringan. Ini termasuk brownies, cookies, dan cupcakes yang tidak memerlukan intensitas rasa cokelat yang tinggi.


Ganache, di sisi lain, sangat cocok untuk kue yang ingin menonjolkan rasa cokelat yang kaya dan mendalam. Ini ideal untuk chocolate cake, truffles, atau tart yang membutuhkan rasa dan tekstur premium. Ganache juga sangat serbaguna, bisa digunakan sebagai isian, frosting, atau glaze yang memberikan tampilan dan rasa yang mewah.


Baca juga: 7 Jenis Topping Berbahan Dasar Cokelat untuk Kreasi Anda

Rekomendasi Cokelat Cream untuk Kreasi Kue yang Lebih Premium

Jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk memilih bahan premium ganache, kami merekomendasikan Tulip Choco Cream. Produk ini adalah ganache serbaguna yang sempurna untuk berbagai kreasi pastry.


Selain itu, produk ini juga siap pakai dan praktis untuk langsung digunakan, jadi Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengolah terlebih dahulu ganache yang dibutuhkan di dalam resep pastry.


Tulip Choco Cream sangat cocok dicampurkan ke dalam resep krim mentega atau krim kue, atau sebagai pelapis cokelat atau isian untuk kue, kue kering, roti, dan banyak lagi. Tulip Choco Cream tersedia dalam ukuran ekonomis 1 kg, memastikan Anda mendapatkan bahan terbaik untuk hasil pastry dengan kualitas tinggi.


Kunjungi Kiosk Cokelat untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan Tulip Choco Cream atau produk terbaik kami lainnya untuk karya kuliner yang lebih lezat!